alexametrics

Edy Rahmayadi: Puak Melayu Tidak Boleh Lenyap di Kampungnya

10 Juni 2018, 11:29:37 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi merasa prihatin dengan kondisi etnis Melayu yang semakin terpinggirkan. Kata Edy, Melayu harusnya menjadi tuan rumah di Sumatera Utara.

Edy yang bergelar Nara Diraja di Etnis Melayu mengatakan, etnis Melayu yang tergabung dalam lembaga-lembaga adat harus kompak dan bersinergi lewat sejumlah program kerja di semua sektor untuk berperan aktif dan strategis di birokrasi, legislasi maupun swasta.

Hal itu, dikatakan Edy Rahmayadi saat memberi kata sambutan di Pelatikan Pengurus MABMI Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) di Lapangan Pekan Tanjung Beringin, Sergai, Sabtu (9/6).

Edy Rahmayadi: Puak Melayu Tidak Boleh Lenyap di Kampungnya
Cagub Sumut Edy Rahmayadi saat hadiri Pelatikan Pengurus MABMI Kabupaten Sergai di Lapangan Pekan Tj. Beringin, Sergai Sabtu (9/6). (ist/Dok. ERAMAS)

“Puak (suku) Melayu ini harus kompak mempertahankan adat istiadat dan tradisi. Jangan terpecah belah. Apapun lembaganya, harus bisa bersinerji berperan aktif mengisi pembangunan. Orang Melayu harus tampil di depan, kalau tidak ingin hilang dari Kampung halamannya,”tegas Edy dalam keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Minggu (10/6).

Dalam pelantikan tersebut, sejumlah tokoh Melayu terlihat hadir, di antaranya, Saiful Mujahidin bergelar Datuk Perdana Raja Negeri Bedagai, Tengku Abdul Majid sebagai Ketua Umum Yayasan, Tengku Ismail Soeloeng bergelar Laoet Raja Bedagai dan tokoh masyarakat Sergai Muna Nilpa.

Bagi Edy, perkembangan zaman membuat Melayu mulai terpinggirkan. Termasuk juga seni budaya dan adat istiadatnya yang mulai ditinggali para generasi muda Melayu.

“Tradisi, seni Budaya Melayu itu harus terus dipertahankan sebagai warisan anak cucu kita kelak. Makanya, kita mau lembaga-lembaga adat Melayu ini harus diperkuat. Banggalah kita sebagai orang Melayu. Tapi jangan sekadar bangga, mari kita tunjukan kalau Puak Melayu ini masyarakat yang terhormat,”pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Edy Rahmayadi sebagai tamu terhormat. Ia diupah-upah sembari didoakan kelak sukses memimpin Sumut bersama Musa Rajekshah.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Edy Rahmayadi: Puak Melayu Tidak Boleh Lenyap di Kampungnya