alexametrics

KPU Rampungkan Rekapitulasi Suara Pemilu di Luar Negeri

10 Mei 2019, 11:09:45 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah selesai melakukan rekapitulasi proses penghitungan suara Pemilu 2019 yang digelar di luar negeri. Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik ‎mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan 129 rekapitulasi suara Pemilu 2019 di luar negeri dari total 130 wilayah.

“Jadi baru 129 ya yang dilakukan rekapitulasi, minus Malaysia,” ujar Evi saat dikonfirmasi, (9/5) malam.

Evi mengatakan, alasan belum melakukan rekapitulasi suara di Malaysia, karena masih menunggu hasil wilayah tersebut ‎yang tinggal menggunakan metode pos.

Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara di Kuala Lumpur, Malaysia harus ditunda lantaran masih dilakukannya pemungutan suara ulang (PSU) melalui metode pos.

PSU ini dilakukan atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyikapi adanya kasus surat suara tercoblos untuk paslon Pilpres dan caleg tertentu di Selangor, Malaysia.

‎”Malaysia bukan keseluruhan Malaysia ya, Kuala Lumpur, yang lain sudah kita lakukan, ini makanya kita menunggu untuk itu dulu,” katanya.

Lebih lanjut menurut Evi, pihaknya menargetkan pada 17 Mei mendatang pemungutan suara di Malaysia bisa rampung. Sehingga selanjutnya bisa dilakukan rekapitulasi di sela-sela penghitungan suara di tingkat nasional.

“Malaysia bisa rampung 17 Mei mendatang. Setelah itu akan direkapitulasi di tingkat nasional,” katanya.

Evi juga menggucapkan terima kasih terhadap petugas yang telah bekerja keras demi menyelesaikan Pemilu 2019 di luar negeri. Walaupun dalam proses rekapitulasi ada perbedaan pendapat. Namun akhirnya bisa diselesaikan semuanya.‎

“Kami tentu saja berterima kasih kepada seluruh PPLN, KPPSLN yang berada di 130 perwakilan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan telah menyelesaikan seluruh proses tahapan pemilu,” pungkasnya.

Adapun di Pemilu 2019 melibatkan 2.086.285 orang pemilih yang berada di luar negeri. Mereka telah melakukan pemungutan suara 8 Maret-8 April 2019 untuk metode pos dan 8-14 April 2019 untuk TPS.‎

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono