alexametrics

Jokowi-Ma’ruf Menang Telak Lawan Prabowo-Sandi di Pemilu Luar Negeri

10 Mei 2019, 13:29:47 WIB

JawaPos.com – Hasil rekapitulasi surat suara pemilu 2019 di luar negeri selesai dihitung. Dari hasil penghitungan tersebut, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal ini terungkap dari hasil rekapitulasi 129 dari total 130.

Adapun satu daerah di Malaysia, sampai saat ini masih belum rampung menyelesaikan tahapan pemungutan suara dengan menggunakan metode pos.

Komisioner KPU, Evi Novinda Ginting mengungkapkan terima kasih karena ‎para Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah bekerja keras menyelesaian proses rekapitulasi ini.

“Ini telah diselesaikan. Kami berterima kasih kepada PPLN, KPPSLN yang berada di 130 perwakilan di luar negeri,” ujar Evi saat dikonfirmasi, Jumat (10/5).

Evi menambahkan, saat ini KPU juga bakal melakukan rekapitulasi di tingkat nasional. Dua provinsi, Bangka Belitung dan Bali bakal dibacakan dalam rekapitulasi tersebut.

“Rekapitulasi direncanakan 13.00 WIB, karena yang sudah hadir (penghitungan) di Bangka Belitung‎,” katanya.

Adapun, ‎berdasarkan data rekapitulasi KPU, Pasangan Calon nomor Urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hasil menyebutkan Jokowi-Ma’ruf unggul di 113 daerah di luar negeri. Sementara Prabowo-Sandi hanya unggul di 15 daerah. Kemudian untuk Kota Tunis, Tunisia, kedua paslon mendapat suara yang imbang.

Setidaknya dari 113 PPLN, Jokowi-Ma’ruf Amin meraih suara sebanyak 520.485. Sementara Prabowo-Sandi mendapatkan 181.116 suara dari 15 kota di luar negeri.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads