alexametrics

Sambangi Batubara, Djarot Janjikan Asuransi bagi Nelayan Tradisional

10 Mei 2018, 15:44:46 WIB

JawaPos.com – Seluruh nelayan tradisional dijanjikan akan mendapat asuransi jika Djarot Saiful Hidayat terpilih sebagai Gubernur Sumatera Utara Juni mendatang. Hal itu dikatakan Djarot usai berkeliling Sungai Tanjung Tiram Desa Tajung Tiram Kecamatan Telawi Kabupaten Batubara, Kamis (10/5).

Dalam kunjungannya, pasangan Sihar Sitorus itu berkeliling hanya menggunakan sampan sederhana. Sambil berkeliling, dia berbincang dengan beberapa masyarakat yang mayoritas nelayan. 

“Tadi saya berbincang, apakah nelayan mendapatkan asuransi. Disampaikan nelayan sebagian sudah tapi sebagian belum. Kita akan pastikan semua nelayan tradisional mendapatkan asuransi. Khususnya untuk mengkaji biaya berobat,” sebut Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Para nelayan tradisional dan modern harus tetap dilindungi dan mendapatkan pembinaan. Ini dilakukan agar para nelayan sama-sama mendapatkan penghasilan. Dia juga mengkritisi penggunaan pukat tarik yang dianggap merugikan nelayan tradisional.  

“Sistem pengambilan ikan dengan menggunakan tarik hela, ini agak meresahkan karena aturannya masih abu-abu. Maka, kita ini, nelayan tradisional harus kita lindungi, kita tingkatkan pendapatannya, tetapi nelayan-nelayan modern juga kita bina, supaya nelayan tradisional dan modern bisa bekerja sama dengan pengaturan yang jelas. Semuanya bisa hidup dengan baik,” ungkapnya. 

Paslon yang diusung PDI Perjuangan dan PPP itu juga mengapresiasi tokoh masyarakat Kabupaten Batubara, Ishak yang telah membuka tempat pengolahan ikan. “Saya apresiasi ada tempat pengolaan ikan yang dibangun oleh tokoh masyarakat disini,” jelasnya.

Menurutnya, tempat pengolaan ikan ini dapat membuka lapangan pekerjaan. “Untuk membuka lapangan kerja, para ibu-ibu bisa mengolah ikan yang datang sebelum dibawa ke Medan,” ucapnya.

Upaya seperti inilah, sebut Djarot harus didukung. Warga sendiri mengaku sangat terbantu adanya tempat pengolaan ikan ini. “Masyarakat disini bisa bekerja dan nantinya warga sini bisa sejahtera,” kata Suwati.

Dia sendiri berharap pemerintah dapat mendukung tempat pengolahan ikan yang baru dibangun. “Harus didukung pemerintah juga, agar usaha ini dapat modal,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sambangi Batubara, Djarot Janjikan Asuransi bagi Nelayan Tradisional