alexametrics

Kiai Sepuh Ponpes Sidogiri Sebut Khofifah Bisa Dipercaya

10 Mei 2018, 17:02:14 WIB

JawaPos.com — Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak memanfaatkan libur kampanye dengan sowan ke Kiai-kiai sepuh di Pasuruan. Bagi paslon nomor urut satu itu, restu para Kiai di Jawa Timur menjadi hal penting dalam perjuangannya memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Kehadiran keduanya ini disambut langsung oleh KH Abdullah Siradj dari Pondok Pesantren Sidogiri. Khofifah-Emil ini datang ditemani oleh putri pendiri NU Nyai Mahfudoh binti Wahab Hasbullah, Nyai Mutamimah Hasyim Muzadi dan KH Asep Chalim.

“Saya tahu ibu Khofifah mampu memimpin. Iya dukungan penuh, betul. Insyaallah lancar,” kata Kiai Siradj di Pasuruan, Kamis, (10/05).

Kiai Sepuh Ponpes Sidogiri Sebut Khofifah Bisa Dipercaya
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, bersama KH Abdullah Siraj, di Ponpes Sidogiri, Kamis (10/5). (timses khofifah-emil)

KH Siradj mengatakan sudah mengenal lama Khofifah. Kiai sepuh Pasuruan ini yakin Khofifah mampu memimpin Jawa Timur. Apalagi, pendamping Khofifah, Emil Dardak juga anak muda NU yang pintar dan cerdas serta memiliki latar belakang yang cukup mempuni untuk mengatasi problematika Jawa Timur.

“Saya tahu sifat-sifatnya jadi saya sudah kenal lama. Saya rasa Khofifah sangat bisa dipercaya, mampu menjalankan pemerintahan Jawa Timur,” ungkapnya.

Sementara itu, Khofifah di tempat yang sama mengatakan, restu kiai sangat penting. Dawuh para kiai bisa menjadi stimulan dan bimbingan untuk menjalankan roda pemerintahan.

“Alhamdulillah. Jadi, berdasarkan survei, masyarakat di Jawa Timur sekitar 50 persen memilih pemimpin berdasarkan referensi para kiai, para tokoh agama. Jadi proses untuk menjadikan dawuh atau fatwa dari kiai. Oleh karena itu tidak pernah lepas nyuwin pangestu dari kiai,” kata Khofifah.

Ia menambahkan, pihaknya selama ini terus memaksimalkan proses silaturahmi kepada seluruh lapisan masyarakat. Tidak terkecuali para tokoh dan para ulama di Jatim.

“Silaturahmi-silaturahmi kami maksimalkan. Jadi masing-masing kekuatan Jawa Timur menjadi penting bersama-sama memberikan satu pespektif bagaimana kepemimpinan ke depan,” pungkasnya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Kiai Sepuh Ponpes Sidogiri Sebut Khofifah Bisa Dipercaya