alexametrics
Pilpres 2019

Sandi Janji Direksi BUMN Diisi Orang-orang Berprestasi, Bukan dari Anggota Timses

10 April 2019, 14:19:58 WIB

JawaPos.com – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berkomitmen untuk menjaga dan memperbaiki tata kelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai poros penggerak ekonomi nasional. Sandi menyatakan, profesionalitas BUMN juga harus dijaga dari kepentingan politik.

“Soal netralitas, kami setuju untuk menggerakkan ekonomi BUMN sebagai poros yang harus dikelola sebagai good governance untuk menjadi world class company sesuai Pasal 33 UUD,” katanya, saat menghadiri acara Federasi Serikat Pekerja BUMN di kawasan SCBD Jakarta, Rabu (10/4).

Sandi berjanji tak akan menempatkan orang-orang yang tidak memiliki kompetensi sebagai direksi di BUMN. Menurut dia, calon direksi BUMN harus memiliki prestasi.

“Kami juga menolak soal penempatan direksi yang tidak sesuai. Siapa pun yang memiliki komitmen prestasi harus diberikan kesempatan, bukan malah anggota timses. Kita harus rekrut orang baik yang termasuk juga komitmen Prabowo Subianto,” ungkapnya.

Khusus terkait akuntabilitas BUMN, Sandi memahami, banyak pejabat BUMN yang menjadi pasien Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Maka dari itu, ia mengajak federasi karyawan BUMN untuk sama-sama mengawal aset BUMN.

“Kami akan jaga amanah ini. BUMN milik bangsa, milik rakyat, dan menunjukkan profesionalitas. Tindakan menyimpang di BUMN harus diluruskan untuk mendorong pilar ekonomi. Di atas semuanya BUMN harus mampu menjadi sistem ekonomi bangsa,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Igman Ibrahim

Copy Editor : Fersita Felicia Facette