alexametrics

Nias Harus Berjuang Agar Punya Daya Saing

10 April 2018, 20:01:59 WIB

JawaPos.com – Kepulauan Nias memang punya potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. Namun, saat ini kepulauan terluar Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu masih memiliki banyak kendala. Calon Wakil Gubernur (Cagub) Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus mengatakan, Nias adalah pulau dengan kekayaan alam yang cukup baik untuk dieksplorasi. Namun sayangnya, Nias masih masuk dalam peta kemiskinan.

“Nias membutuhkan perhatian khusus dalam pembangunan. Kita harus mengambil sikap untuk Nias. Saat ini, Nias ada di persimpangan jalan, sehingga kita harus menentukan ke kiri atau ke kanan,” kata Sihar, Selasa (10/4).

Nias lanjut Sihar, harus bangkit dari keterpurukan. Masyarakat harus bersama-sama mewujudkannya. “Ada dua pilihan yang harus dilihat untuk menentukan nasib Nias ke depan. Pertama apakah Nias ingin tetap seperti sekarang dengan isu kemiskinan yang disebabkan tidak adanya pengembangan. Serta yang kedua, keluar dari polemik yang ada, serta bersaing ke dunia yang lebih luas,” papar Sihar.

“Kalau saya memilih yang ke dua, dan kita tidak berhenti sampai disini. Karena perjuangan kita untuk kesejahteraan bersama,” timpalnya.

Menurut dia, semua harus menentukan pilihan supaya keluar dari stigma yang ada selama ini. Masyarakat katanya, harus ikut berjuang agar Nias menjadi pulau yang memiliki daya saing dan mempunyai kemampuan menyejahtrakan rakyata.

“Itu lah yang harus kita ambil sekarang. Saya memilih yang kedua, yakni keluar dari stigma negatif. Yang dua itu lebih positif,” ujarnya.

Nias merupakan sebuah pulau paling besar di antara gugusan pulau yang bertetanggaan dengan daratan Sumatera. Karena itu, potensi Nias bisa digabungkan dengan beberapa potensi yang ada di daerah lain.

Kepala Suku Bawomataluo Mowaa W juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, masyarakat harus menentukan pilihan dan memilih untuk berubah dan maju. Secara khusus untuk Pilkada 2018, masyarakat Nias harus memahami arah pembangunan dan motor pembangunannya. Sehingga harus sama sama bangkit.

Menurutnya, masyarakat sudah sangat mengenal Sihar Sitorus dan programnya. Terlebih Sihar sudah pernah terlibat dalam pembangunan Nias. Karena Sihar lah yang memberikan bantuan untuk memasukkan air bersih ke kampung mereka pertama sekali. Karena itu, tawaran untuk melangkah dan maju bersama adalah program yang baik dan harus diwujudkan bersama sama.

“Kita mengajak masyarakat untuk maju bersama mewujudkan pembangunan yang baik,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Nias Harus Berjuang Agar Punya Daya Saing