alexametrics

KPU Sumut Gelar Diskusi Dengan Masyarakat Jelang Debat Cagub Sumut

10 April 2018, 18:03:58 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Le Polonia Medan, Selasa (10/4). FGD itu digelar guna menerima masukan dari masyarakat soal pertanyaan yang akan dilontarkan saat debat kandidat Calon Gubernur Sumut mendatang.

Mulai dari kalangan akademisi, praktisi hukum, pakar komunikasi, pimpinan media massa hingga kalangan penggiat elemen masyarakat lainnya ikut dalam FGD tersebut.

Para peserta yang hadir dalam FGD tersebut diminta mengutarakan tema yang akan digunakan untuk penyelenggaraan debat calon gubernur. Nantinya, masukan itu akan dibahas dan digodok menjadi pertanyaan dalam debat kandidat.

“Kita ingin mengetahui masukan dari berbagai kalangan,” kata Komisioner KPU Sumut Yulhasni, Selasa (10/4).

Masukan yang dibahas dalam forum itu berkutat seputar potenai daerah, kesejahteraan rakyat, infrastruktur dan lingkungan hidup. Namun, tak jarang para peserta memberi masukan agar nantinya para calon ditanyai soal penyelesaian yang cukup mencuat di Sumut. Persoalan itu terkait dengan konflik agraria dan kasus kekerasan anak.

“Angka kekerasan terhadap anak masih tinggi di Sumut,” kata perwakilan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumut.

Lebih jauh lagi, para calon Gubernur bisa saja dicecar pertanyaan soal pengelolaan dana desa dan pertambangan.

Direktur Bina Keterampilan Pedesaan (Bitra) Sumut Wahyudi mengatakan, dana desa menjadi persoalan yang cukup pelik saat ini. Dia mempertanyakan, bagaimana para calon gubernur akan mengelola dana tersebut.

Berdasarkan jadwal, debat kandidat pada Pilgub Sumut 2018 akan digelar oleh KPU Sumut dalam 3 tahap. Tahap pertama yakni diagendakan pada 3 Mei 2018, kemudian 5 Mei 2018 dan terakhir pada 19 Juni 2018. Debat kandidat tersebut rencanannya akan disiarkan secara langsung pada beberapa stasiun televisi.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
KPU Sumut Gelar Diskusi Dengan Masyarakat Jelang Debat Cagub Sumut