alexametrics

Hombo Batu Sambut Djarot-Sihar di Nias Selatan

10 April 2018, 00:21:45 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumut Sihar Sitorus disambut tarian lompat batu (Hombo Batu) ketika akan memulai kampanyenya di Kabupaten Nias Selatan, Senin (9/4).

Belasan remaja yang sudah menunggu langsung menunjukkan atraksi melompati batu setinggi sekitar dua meter, saat Djarot dan rombongan tiba di Desa Hilisataro, Kecamatan Toma. Ketika melompat diatas batu, mereka juga meneriakkan yel-yel DJOSS, sambil menunjukkan salam dua jari.

Dalam kebudayaan etnis Nias, lompat batu adalah ritual penyambutan kepada orang terhormat yang datang ke Nias. Upacara adat itu juga menunjukkan bahwa tak sedikit masyarakat yang mendukung pasangan Djarot-Sihar.

Djarot pun turut mengapresiasi suguhan atraksi yang dilakukan masyarakat. “Sungguh ramah penyambutannya. Kami sangat verterima kasih,” kata Djarot, Senin (9/4).

Ternyata Djarot sudah mengetahui, Nias memiliki banyak potensi. khususnya kebudayaan dan pariwisata. Dia pun mendorong agar potensi itu dimanfaatkan untuk perkembangan daerah.

Djarot ingin nantinya Pemerintah Kabupaten bisa membuat festival kebudayaan yang menampilkan budaya dan keunggulan daerah masing-masing. Karena dengan itu, bisa mendorong kemajuan pariwisata di Nias.

“Jika semakin banyak yang mengetahui, akan semudah investasi yang masuk,” tandasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Hombo Batu Sambut Djarot-Sihar di Nias Selatan