alexametrics

Ngopi Bareng Paguyuban Warung Kopi, Emil Dardak Tawarkan Solusi Ini

10 Maret 2018, 06:05:46 WIB

JawaPos.com – Calon wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak belakangan memang kerap menyapa kalangan muda melaui cangkruk bareng di warung kopi. Namun, kali ini kebiasaan tersebut juga dilakukan untuk menyapa masyarakat umum.

Cawagub nonor urut 1 itu ngopi bareng bersama paguyuban warung kopi Trenggalek, di warung kopi Putu Kuwot Trenggalek, Jum’at (9/3). Meskipun sudah menjadi Bupati Trenggalek non aktif. Emil nampak begitu dekat dengan masyarakat kota Gerbang Pesisir Selatan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Emil mendapat keluh kesah pedagang kopi terkait permodalan meupun lokasi mereka jualan yang sering mendapat ancaman penertiban dari Satuan Polisi Pamong Praja. Emil pun menawarkan agar pengusaha warkop dapat mengajukan usulan kepada pemerintah.

Emil Elestianto Dardak
Cawagub Emil Dardak saat ngopi bareng (istimewa)

“Bagaimana bisa saya mengkaji apa yang menjadi harapan teman-teman pedagang bila apa yang direncanakan tidak pernah diusulkan kepada saya. Jelas saja Satpol PP akan melakukan upaya penertiban dengan menegakkan Perda yang ada untuk menjaga ketertiban dan keindahan,” kata Emil.

Menurut Emil, tentunya tidak semua usulan tidak dapat disetujui sepenuhnya, namun pemerintah dapat mengkaji lebih dalam dan memberikan solusi atau jalan tengah kepada mereka.

Sementara terkait dengan permasalahan permodalan Emil menyarankan kepada para pedagang warkp untuk bijak memanfaatkan lembaga permodalan, jangan terjebak pada renternir. Emil meminta mereka menggunakan lebaga permodalan yang tepat sepertihalnya KUR atau beberapa BPR yang sudah bekerjasama dengan pemerintah.

Bahkan, Emil sempat menawarkan kepada paguyuban untuk membentuk koperasi sehingga dapat berakselerasi terkai permodalan sepertihalnya kredit tanpa anggunan “gangsar”, dengan sistem tanggung renteng sesama pedagang.

“Bisa juga buat koperasi untuk pera pengusaha warung kopi,” pungkas pria yang berpasangan dengan Cagub, Khofifah Indar Parawansa itu.

Untuk diketahui, pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan 6 partai politik. Yakni, partai Demokrat (13 kursi), partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), partai NasDem (4 kursi), dan partai Hanura (2 kursi).

Dalam pencalonannya paslon nomor urut 1 itu, menawarkan beberapa program kerja jika terpilih kelak. Program-program tersebut dikemas dengan sebutan Nawa Bhakti Satya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ngopi Bareng Paguyuban Warung Kopi, Emil Dardak Tawarkan Solusi Ini