alexametrics

Hadiri Haul Mbah Yai Dahnan, Ribuan Jamaah Doakan Khofifah Gubernur

10 Maret 2018, 06:10:08 WIB

JawaPos.com – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak hadir di antara ribuan jamaah pengajian istigotsah Dzikrul Ghofilin yang digelar dalam rangka Haul Akbar almarhum KH Abdul Hannan (Mbah Dahnan) di Pondok Kidul Kali Kelutan Trenggalek, Jumat (9/3) malam.

Kedatangan paslon nonor urut 1 itu untuk memenuhi undangan dari keluarga besar almarhum Mbah Yai Dahnan.

“Banyak (undangan) majlis. Biasanya saya prioritaskan hadir adalah Maulidul Rosul (Maulid Nabi) dan majlis haul alim ulama dan kiai. Alhamdulillah saya diberi kesempatan hadir, beliau tak lain adalah mukhollidnya Gus Dur, beliau sangat sering cerita tentang Mbah Yai Dahnan,” ucap Khofifah.

Menurut Khofifah, almarhum Mbah Yai Dahnan memiliki kekerabatan dekat dengan KH Hamim Djazulli (Gus Miek), serta kekerabatannya dengan kiai Ahmad Shiddiq. Oleh karena itu dalam haul tersebut juga hadir KH Tijani Robbert Saifunnawa atau yang akrab Gus Robert yang tak lain adalah putra dari Gus Miek. Bahkan, Gus Robert sempat memberikan doa agar Khofifah-Emil terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim mendatang.

“Ini adalah perkawanan ulama yang dimiliki negeri. Dimana beliau beliau ini membangun moderasi layanan umat tanpa melihat kelompok atau golongan,” terang mantan Menteri Sosial ini.

Ketua Umum Muslimat NU mengatakan, hal tersebut menjadi referensi kehidupan yang saling mengayomi dan melindungi yang harus diviralkan di zaman saat ini. Dimana mereka yang merasa ada di atas harus memberikan perlindungan dan persaudaraan secara substantif.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga sempat meminta doa dan restu dari para Kiai dan ribuan jamaah atas pencalonannya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

“Terakhir, saya minta pangestu, karena saat ini saya dan juga Pak Emil, Bupati Trenggalek non aktif sedang berproses mengikuti Pilgub Jawa Timur,” pungkas Khofifah.

Sementara itu Cawagub Emil menambahkan, Dirinya memang tidak memiliki kedekatan langsung dengan almarhum Mbah Yai Dahnan. Namun yang memiliki kedekatakan adalah eyang dari Emil yang dulunya sama-sama guru agama.

“Tapi kalau dengan Gus Baha, putra dari Mbah Yai Dahnan, dan Gus Robbert mmiliki peranan penting dalam ikhtiar saya saat awal menjadi Bupati Trenggalek. Saya bersyukur sekali beliau mendoakan yang terbaik untum Jawa Timur. Bu Khofifah juga dapat doa dari beliau, agar dijauhkan dari hal negatif ke depan dan supaya dapat amanah dari masyarakat,” sambung Emil.

Untuk diketahui, pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan 6 partai politik. Yakni, partai Demokrat (13 kursi), partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), partai NasDem (4 kursi), dan partai Hanura (2 kursi).

Editor : Indra Sanjaya

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Hadiri Haul Mbah Yai Dahnan, Ribuan Jamaah Doakan Khofifah Gubernur