alexametrics

Navigasi Program Pertanian, Khofifah Temui Distributor Beras

10 Februari 2018, 20:56:56 WIB

JawaPos.com – Bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kian gencar turun ke bawah guna menyerap aspirasi berbagai lapisan masyarakat.

Hal itu dilakukan dalam rangka navigasi program Nawa Bhakti Satya yang merupakan program prioritas Khofifah.

Kali ini, Khofifah mengunjungi PT Mustikatama Group, perusahaan produsen beras terbesar di Jawa Timur di Jalan Raya Tempeh Lumajang, Sabtu (10/2).

Khofifah Indar Parawansa
Bacagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa sewaktu mengecek kondisi beras (dok. tim Khofifah-Emil)

Kedatangan Khofifah disambut hangat oleh Direktur Utama perusahaan, Abdullah Iskandar beserta jajarannya. 

“Dengan bertemu pengusaha secara langsung, maka dalam beberapa tahun ke depan bisa mengetahui pemetaan beras. Kenapa demikian? Sebab pangan, terutama beras adalah komoditas politis yang suatu saat memungkinan memicu inflasi. Artinya mulai menavigasi sumber pangan adalah sangat perlu,” kata Khofifah.

Mantan Menteri Sosial itu mengaku sangat sering berdiskusi dengan Menteri Pertanian. Namun, hal itu belum cukup untuk memahami secara detail yang dibutuhkan oleh pengusaha. Sebab, dari data yang dimiliki pemerintah masih banyak perbedaan dengan data yang dikantongi oleh para pengusaha.

“Bahkan kami juga harus mengetahui proses ketika berhasil dan tidaknya saat pemanenannya, sehingga pamerintah dan pengusaha dapat menentukan langkah bagaimana cara untuk mengantisipasi hal itu,” terangnya.

Dijelaskan Khofifah, Jawa Timur merupakan supllier tertinggi dari ketahanan pangan nasional. Oleh karena itu, kondisi tersebut harus terus dijaga agar jangan sampai terjadi krisis pangan. Sehingga, pemerintah pusat bisa mengurangi impor beras.

“Jika masyarakat memberikan kepercayaan Khofifah-Emil memimpin Jatim, kami akan menjaga dan meningkatkan produktifitas pangan di Jatim yang saat ini menjadi supllier tertinggi dari ketahanan pangan nasional,” tambahnya.

Sementara itu Dirut PT Mustikatama Group Abdullah Iskandar menuturkan, beras memang menjadi salah satu bidang usaha grup perusahaan yang memiliki 7.000 karyawan tersebut. Pihaknya juga siap untuk bersinergi dengan pemerintah dalam ketahanan pangan.

“Hal yang sama juga sudah harus dimulai diversifikasi pangan, supaya semua proses untuk bisa menjaga ketahanan pangan nasional dapat beriringan,” kata Iskandar.

Sekadar diketahui, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak resmi diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Hanura, PAN PPP dan PKPI sebagai pasangan Bacagub-Bacawagub di Pilgub Jatim 2018.

Selain itu, pasangan Khofifah-Emil juga mendapat dukungan dari berbagai elemen relawan. Seperti relawan yang menyokong Posko Rahim Kamil. Diantaranya relawan Pustari (pusat tampung aspirasi) KPK (komunitas pendukung Khofifah) dan Relawan 889.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Navigasi Program Pertanian, Khofifah Temui Distributor Beras