alexametrics

Ini Alasan PWNU Jatim Hanya Terima Timses Khofifah

10 Februari 2018, 11:46:24 WIB

JawaPos.com – Pengurus Wilayah Nadhlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) menolak rencana silaturrahim Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jatim Khofifah Indar Parawansa. Keputusan tersebut atas pertimbangan para Rois Syuriah dan kiai sepuh struktural di PWNU Jatim.

Bukan hanya Khofifah, keputusan serupa juga berlaku untuk Bacagub Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. “Sesui dengan arahan para kiai sepuh dan masayech, maka PWNU menerima tim sukses tanpa didampingi kedua calon untuk menerima arahan dan nasehat para kiai sepuh PWNU Jatim,” kata Ketua PWNU Jatim Mutawakkil Alallah kepada JawaPos.com, Sabtu (10/2).

Mutawakil berpandangan, keputusan tersebut jauh lebih manfaat dibanding menghadirkan kedua calon. Sebab para tim sukses dari kedua calon lebih rentan bertindak yang dapat menimbulkan masalah.

“Yang perlu dipertemukan adalah tim sukses kedua belah pihak. Karena tim suksesnya yang kadang tidak bisa mengendalikan diri. Insya Allah ini lebih mafaat,” jelas Mutawakkil.Mutawakil berpandangan, keputusan tersebut jauh lebih manfaat dibanding menghadirkan kedua calon. Sebab para tim sukses dari kedua calon lebih rentan bertindak yang dapat menimbulkan masalah.

Sementara untuk para calon, Mutawakkil optimistis baik Khofifah maupun Gus Ipul bisa saling menjaga dan bertindak sesuar aturan. Apalagi Khofifah saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muslimat NU.

“Kalau calonnya itu sudah bisa dijamin. Mereka bisa menjaga ukhuwah nahdliyah, ukhuwah watoniyah. Insya Allah mereka konsisten menghindari tindakan yang tidak baik menurut agama, syariat maupun hal-hal yang melanggar aturan pemilu,” pungkas Mutawakkil.

Sebelumnya, Juru bicara Khofifah-Emil, KH Zahrul Ashar Asad atau Gus Hans menerima konfirmasi terkait rencana silaturrahim Khofifah ke PWNU Jatim. Dari konfirmasi yang didapat, PWNU Jatim hanya akan menerima tim pemenangan Khofifah-Emil pada Rabu (13/2) pekan depan.

Sementara Khofifah tidak diperkenankan hadir dalam forum tersebut. “Konfirmasi melalui lisan sudah. Kalau surat belum. Dari PWNU hanya mau menerima dari tim saja,” ungkao Gus Hans saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (9/2).

Dijelaskan Gus Hans, surat permohanan silaturrahim Khofifah tersebut sebagai bentuk ketaatan atas permintaan Ketua PWNU Jatim Mutawakkil Allah. Sebelumnya, pihak PWNU Jatim berharap seluruh Bacagub Jatim datang untuk minta restu.

“Kalau dari kami, prinsipnya mengikuti dari yang disampaikan PWNU maunya bagaimana. Yang jelas dari pihak ibu (Khofifah) telah memberikan niat baik. Sopan santun sebagai kader untuk sowan ke PWNU. Poinnya, ibu (Khofifah) legowo. Biarlah orang menilai. Yang jelas niat sowan itu dari kami,” terang Gus Hans.

Seperti diberitakan, Ketua PWNU Jatim KH. Mutawakkil Alallah berencana mengundang dua Bacagub Jatim. Adalah Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Keduanya diharapkan datang ke Kantor PWNU Jatim di Jalan Masjid Al Akbar, Gayungan, Surabaya.

Kehadiran dua kader NU itu sangat ditunggu-tunggu untuk menyampaikan secara resmi niat majunya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. “Pada saatnya kami upayakan mendatangkan para calon. Tapi yang saya harapkan justru kedua calon itu mendatangi PWNU. Jadi sowan kesana minta izin. Syukur kalau mau ikrar dua-duanya,” tutur Mutawakil, Jumat (19/1).

Jika kedua Bacagub Jatim bersedia, PWNU akan melakukan musyawarah dengan seluruh pimpinan. Baik dari Rois Syuriahmaupun Tanfidziyah untuk mengatur formatnya. “Tentunya kalau mereka minta waktu, kami akan bermusyawarah dengan para Rois unsur Suriyah,” ujar Mutawakkil.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ini Alasan PWNU Jatim Hanya Terima Timses Khofifah