alexametrics

Mengejutkan, Puti Guntur Tak Pernah Masuk Radar Lembaga Survei

10 Januari 2018, 18:07:28 WIB

JawaPos.com– Saifullah Yusuf bakal didampingi Puti Guntur Soekarno pada Pilkada Jatim 2018. Surat DPP PDIP yang ditandatangani Megawati Soekarno Putri dan Hasto Kristiyanto sudah banyak beredar di kalangan awak media. Munculnya nama Puti sangat mengejutkan, tak terkecuali bagi lembaga survei.

Koordinator Area Jatim Indikator Politik Asmuni menyebutkan, nama Puti sangat jauh di luar prediksi. “Sampai hari ini, Puti belum masuk sama sekali ke radar survei. Sebelumnya yang kuat untuk mendampingi Gus Ipul itu Risma,” jelas Asmuni kepada JawaPos.com, Rabu siang (10/1).

Lebih jauh sebelum munculnya nama Puti, Asmuni melihat sejak munculnya fenomena politik yakni saat beredarnya foto lalu disertai mundurnya Anas, pasangan Khofifah-Emil sudah memperoleh glorifikasi. “Secara elektoral, keduanya (Khofifah-Emil) diuntungkan. Seolah tanpa pesaing yang sepadan,” tutur Asmuni.

Saat Khofifah-Emil berpacu, Gus Ipul justru harus kembali berkutat untuk mencari sosok pendamping yang sepadan dengan Anas. Hingga akhirnya muncullah nama Puti. Di mata lembaga survei, yang bisa dibaca adalah parpol-parpol pengusung Gus Ipul berusaha memberikan unsur kejutan. “Hanya saja masih perlu diuji lagi, seperapa jauh efek suprise pemilihan Puti ini bisa menggantikan posisi Anas dalam waktu yang sangat mepet,” ungkap alumnus Administrasi Negara FISIP Universitas Jember tersebut.

Menurut Asmuni, pengujian terhadap Puti bukan hanya dari sisi elektabilitas saja. Tapi juga faktor popularitas. Nama Puti lebih dikenal di Jawa Barat ketimbang Jawa Timur. Sehingga, tidak bisa langsung membaca seberapa signifikan suara Anas akan bergeser kepada Puti. “Puti ini memang benar-benar out of the box. Tidak bisa langsung disimpulkan apakah akan ada pergeseran suara,” tuturnya.

Selain itu, Puti juga belum bisa diprediksi apakah akan bisa meraup suara generasi milinieal atau tidak. Faktor suara generasi zaman now itu memang cukup berperan pada kontestasi pilgub Jatim. Sebelum mundur, nama Anas secara head to head bersaing dengan Emil untuk berebut suara anak-anak muda yang rasional.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Mengejutkan, Puti Guntur  Tak Pernah Masuk Radar Lembaga Survei