alexametrics

Mantu Presiden Jokowi Kalah Telak di Markas Pesaingnya

9 Desember 2020, 16:20:41 WIB

JawaPos.com – Pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Medan Akhyar-Salman berhasil unggul telak di markasnya dengan perolehan angka yang signifikan. Akhyar berhasil unggul di TPS 022 tempat dirinya memilih, yakni dengan perolehan 238 suara, sementara itu pasangan Booby-Aulia hanya memperoleh 20 suara.

Selain itu, Salman juga unggul pada perolehan suara di TPS 47, tempat dirinya melakukan pencoblosan.

Pada akhir perhitungan surat suara, pasangan nomor urut 01 itu unggul telak dengan perolehan 142 suara, sedangkan pesaingnya Bobby – Aulia mendapat 40 suara.

Sebelumnya, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Bobby Nasution-Aulia Rachman menang prolehan suara Pilkada Kota Medan di tempat pemungutan suara (TPS) 022 Komplek Taman Setibudi Komplek Taman Setia Budi Indah (Tasbih). TPS tersebut merupakan tempat Bobby beserta keluarga menggunakan hak suaranya.

Pasangan nomor urut 2 ini meraih 73 suara, sedangkan pasangan nomor 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi meraup 49 suara. Sementara terdapat dua surat suara yang tidak sah lantaran kedua gambar paslon dicoblos.

“Total ada 122 surat suara sah. Pasangan nomor urut 1 mendapat 29 suara, pasangan nomor 2 mendapat 73 suara dan surat suara yang tidak sah itu ada dua. Jadi kertas suara yang terpakai adalah 124 surat,” kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 022, Fauzan dalam keterangannya, Rabu (9/12).

Fauzan menuturkan, dari 314 warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 022 terdapat 190 orang yang tidak menggunakan hak suaranya.

“DPT ada 314 nama, sekitar 38 persen terpakai selebihnya tidak terpakai,” cetus Fauzan.

Baca juga: Pilwali Kota Medan 2020, Arena Lokal Rasa Nasional

Menurut Fauzan, masalah pandemi Covid-19 salah satu yang menjadi alasan banyak dari warga yang tidak menggunakan hak pilihnya.

“Kita sudah tebak sebenarnya (banyak yang tidak gunakan hak suara). Kita sudah datang ke masyarakat memberikan undangan ke tiap undangan di tiap DPT tapi ya hasilnya itu,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Close Ads