alexametrics

Pilkada Gowa, Kemenangan Adnan Patahkan Mitos Anak Bupati tak Bisa Terpilih

9 Desember 2015, 21:38:00 WIB

JawaPos.com MAKASSAR – Hasil hitung cepat di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dipimpin oleh pasangan nomor urut 5, Adnan Purichta-Abdul Rauf (Adnan-Kio) dengan perolehan 41,9 suara.

Hal itu tergambar dari quick count yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia (JSI), Rabu (9/12). Perolehan suara Adnan-Kio disusul empat dari lima pasang calon yang bertarung memperebutkan Gowa-1.

Mereka adalah pasangan nomor urut 1 Andi Maddusila-Wahyu Permana memperoleh 26,71 persen, pasangan nomor empat Tenri Olle YL-Chairil Muin memperoleh 26,28 persen, pasangan nomor urut 2 Sjahrir Sjafaruddin-Anwar Usman memperoleh 3,71 persen, nomor urut tiga Djamaluddin Maknun-Maskur 1,39 persen.

Manager JSI, Andi Irfan Jaya mengatakan temuan ini didasarkan sampel yang masuk sebesar 98 persen.
Dalam menganalisis kata dia, sampel diperoleh di 235 dari 1000 TPS yang dipilih secara acak. Total pemilih yang tertera dalam DPT sebanyak 544.795.

"Yang menarik dari Pilkada ini karena kemenangan Adnan mematahkan mitos anak bupati tidak pernah tak pernah terpilih di Sulsel," kata Irfan kepada Jawa Pos.com, Rabu (9/12).

Irfan menjelaskan, sebelumnya dalam perjalanan demokrasi di Sulsel, tidak pernah ada anak bupati yang terpilih. Seperti Andi Cicang di pilkada Bone, Azhari yang merupakan anak Radjamilo, bupati Jeneponto dan Seto Gadisa Asapa, anak Rudiyanto Asapa, bupati Sinjai.

Sekadar diketahui, Adnan maju berstatus sebagai calon independen. Ayahnya, Ichsan Yasin Limpo saat ini menjabat sebagai bupati Gowa. (awa/jpg)

 

Editor : arwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Pilkada Gowa, Kemenangan Adnan Patahkan Mitos Anak Bupati tak Bisa Terpilih