JawaPos Radar

Pengamat: Bisa Jadi, Erick Bermain Cantik dengan Sandi

09/09/2018, 21:54 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Pengamat: Bisa Jadi, Erick Bermain Cantik dengan Sandi
Erick Thohir ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Penunjukkan Erick Thohir sebagai Ketua Tim Pemenangan Pasangan Capres Joko Widodo - Ma'ruf Amin untuk Pilpres 2019 masih menjadi perbincangan. Apalagi Erick merupakan teman dekat Sandiaga Uno yang tak lain Cawapres kubu lawan.

Akademisi yang juga pengamat politik asal Sumatera Barat (Sumbar), Najmudin Rasul menilai, fenomena perbedaan politik antara kawan, bahkan karib kerabat sekalipun adalah hal lumrah di negara demokrasi.

"Itu hal biasa. Tapi, bagi Sandi dan Erick posisi itu sangat menguntungkan dari segi bisnis. Sebab, mereka (Sandi dan Erick)  sama-sama pebisnis," terang Najmudin pada JawaPos.com, Minggu (9/9).

Terlebih, Erick bertemu Sandiaga Uno dalam sebuah seminar bertema Menjadi Pengusaha Milineal Berskala Internasional di Denpasar, Bali, Sabtu (8/9).

Dalam pertemuan itu, Sandiaga menyebut, jika ia mengenal baik sosok Erick Thohir. Bahkan, Sandi dan Erick sudah bersahabat sejak kecil. Mulai dari SD, SMP dan SMA. Mereka juga pernah tergabung dalam satu tim basket saat remaja.

Meski tidak berada di kubu pemenangannya bersama Capres Prabowo, Sandi tetap memuji keterpilihan bos Mahaka Group yang dipercayai menjadi Ketua tim pemenangan Capres Jokowi-Ma'ruf.

Nah, Najmudin menambahkan, dari segi politik justru posisi perkawanan ini lebih menguntung Sandiaga Uno. Apalagi, "jualan" kedua-duanya sama-sama muda, millenial dan sukses. Sebab, Erick hanya tim juru kampanye Capres dan Cawapres. Sedangkan Sandiaga adalah kandidat Cawapres.

"Erick Thohir sohibnya Sandi. Bisa jadi, Erick bermain cantik dengan Sandi," ujar pengajar Universitas Andalas itu.

Dengan kedekatan yang sudah terjalin lama, diyakini Erick Thohir akan sharing informasi dengan Sandiaga. Sebab, dari segi politik, Erick Thohir tidak memiliki hubungan spesial sebelumnya dengan Jokowi maupun partai pengusung Presiden petahana itu.

"Erick tidak memiliki hutang politik dengan pasangan yang akan dikampanyekannya. Sedangkan dengan Sandi, selain dekat, Erick juga memiliki spirit entrepreneur yang sama dan sudah terbangun lama dalam bisnis. Nah, dalam posisi bisnis inilah nanti Erick akan bermain cantik," kata Najmudin.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up