alexametrics
Rekapitulasi 108 Dapil Luar Negeri

Jokowi Menang Besar di Hongkong, Singapura, dan Taipei

9 Mei 2019, 13:16:11 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) melanjutkan proses rekapitulasi surat suara luar negeri Pemilu 2019. Hasil sementara, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan, pihaknya menargetkan rekapitulasi surat suara luar negeri selesai hari ini. Sampai saat ini KPU masih menunggu hasil penghitungan suara dari Kuala Lumpur, Malaysia.

“Tinggal nanti Kuala Lumpur mungkin menyusul, masih menunggu proses pemungutan suara menggunakan pos,” ujar Viryan di Kantor KPU, Kamis (9/4).

Viryan menambahkan, daerah pemilihan yang memiliki daftar pemilih dengan jumlah banyak, memakan waktu lebih lama dalam proses penghitungan suara. Namun, itu sebagian besar sudah diselesaikan.

“PPLN besar, seperti Johar Baru, Riyadh, Taipei yang jumlah KSK-nya sampai hampir 500-an, ini sudah kami selesaikan,” katanya.

Untuk sementara ini Jokowi menang telak di Hongkong, Singapura, dan Taipei. Untuk dapil Hongkong pasangan nomor urut 01 meraup 38.945 suara, sedangkan Prabowo-Sandi hanya 5.967 suara.

Selanjutnya di Singapura Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan perolehan sebanyak 42.011 suara, sedangkan Prabowo-Sandi hanya mendapatkan 5.900 suara‎. Selanjutnya di Taipei, Taiwan, Joowi-Ma’ruf Amin mendapatkan 72.726 suara, sementara Prabowo-Sandi hanya memperoleh 11.412 suara.‎

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads