alexametrics

DJOSS Hadir untuk Menghargai Kearifan Lokal di Sumut

9 Mei 2018, 20:41:09 WIB

JawaPos.com – Majunya pasangan Djarot dan Sihar Sitorus atau Djoss di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) merupakan perjuangan untuk mempertahankan kearifan lokal di Sumut. 

Hal itu disampaikan oleh politisi senior Sumut, Ruben Tarigan dalam sambutannya di acara pertemuan Relawan Karo (Relaka) di Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Rabu (9/5). Kata dia, PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan PPP menentukan pilihan sesuai dengan kearifan lokal. 

Karena yang ingin diambil PDI Perjuangan bukan hanya sebatas kemenangan dengan menghalalkan segala cara, melainkan juga mempertahankan kelokalan daerah. 

“Penduduk kita ini sangat banyak, ada kalangan bermarga seperti Karo, Mandailing, Pakpak, Toba, Simalungun dan Nias. Ada yang tidak bermarga seperti Jawa, Melayu dan suku-suku lainnya.  Keduanya ada pada pasangan Djoss. Dan hanya mereka yang menjadi warna Sumut karena mereka merupakan bagian dari kesukuan yang ada di Sumut itu sendiri,” terangnya.

Ruben memaparkan bahwa masyarakat Sumut harus melihat itu sebagai bagian dari penghargaan terhadap keberagaman Sumut. Karena banyak pihak yang hanya mementingkan kemenangan tanpa menghargai kelokalan. “Komunitas lain tidak melihat ini penting, sehingga kerap mengusung orang-orang yang tidak memiliki keterikatan dengan Sumut terkusus secara budaya,” katanya.

Ruben mengharapkan agar nantinya anggota Relaka melihat hal tersebut sebagai hal terpenting dalam memenangkan pasangan Djoss. Dengan memenangkan pasangan Djoss maka masyarakat akan tetap merdeka dengan kearifan lokalnya. “Jadi mari kita menangkan Sumut karena itu yang kita perjuangkan,” katanya.

Ketua Relaka, Ebenezer Ginting mengatakan bahwa Relaka Passion for Djoss ditargetkan sebagai gerakan pemenang hingga masyarakat bawah. Serta harus menjangkau daerah-daerah yang tidak terjangkau serta terlibat dalam mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suara dengan baik. 

“Nantinya kita akan sosialisasikan pasangan Djoss hingga ke masyarakat luas dan bekerja maksimal untuk memenangkan Djoss. Kami berharap pasangan Djoss menang dan menjadikan Sumut, menjadi daerah di mana Semua Urusan Mudah dan Transparan,” paparnya.

Ditambahkannya, saat ini sejumlah relawan telah bekerja tanpa pamrih hingga pelosok daerah. Bukan hanya sekadar memasang alat-alat sosialisasi, tetapi juga mengkampanyekan program-program Djoss untuk Sumut yang lebih baik. Sumut hebat dan Sumut yang lebih baik. 

Sementara Sihar Sitorus yang menghadiri acara pembekalan tersebut mengatakan bahwa apa yang diperjuangkan bersama dalam Pilgub kali ini merupakan perjuangan untuk kemenangan Sumut. Karena sesungguhnya pasangan Djoss maju untuk menjawab segala bentuk ketertinggalan daerah serta berjuang bersama warga. 

Sihar menambahkan bahwa saat ini publik sudah melihat bagaimana masing-masing pasangan calon dalam memaparkan program lewat debat publik Pilgub Sumut akhir pekan lalu. Masyarakat sudah tentu mengetahui bahwa program mana yang tepat dalam membangun daerah. 

“Kita berjuang bersama karena saat ini kita harus memenangkan Pilgub sebagai jembatan perubahan untuk Sumut yang lebih baik,” pungkasnya. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
DJOSS Hadir untuk Menghargai Kearifan Lokal di Sumut