alexametrics

Di Pantai Batu Bekung, Puti Bahas Masalah Hutan

9 Mei 2018, 21:27:58 WIB

JawaPos.com – Calon wakil gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, terus mendatangi tempat berpotensi di Kabupaten Malang. Kali ini, alumni Univesitas Indonesia tersebut berwisata di jalur lintas selatan (JLS) Pantai Bengkung, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Rabu (9/5). 

Di lokasi, Puti langsung bertemu dan berdialog dengan masyarakat hutan dan Kelompok Petani Hutan (KPH). Terutama mengenai permasalahan di hutan. Seperti mengenai infrastruktur, permasalahan pemberdayaan dengan memberikan bantuan skill pada sumber daya manusia (SDM).

Cucu Proklamator Bangsa, Bung Karno ini menyampaikan, sebagai calon wakil gubernur mendampingi Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dikenal Gus Ipul mempunyai komitmen program kerja.

Puti Guntur Soekarno
WISATA: Puti tampak menikmati suasana di Pantai Batu Bekung, Malang, Rabu (9/5). (dok. Timses Media Gus Ipul-Puti)

Salah satunya, penguatan destinasi obyek wisata di Jawa Timur, khususnya di wilayah Malang. Puti menjabarkan, JLS di kabupaten, banyak perkembangan wisata. “Seperti wisata Pantai Batu Bekung ini sangat bagus,” kata Puti di hadapan puluhan KPH dan masyarakat hutan.

Program penguatan wisata, lanjut Puti, ada program Seribu Dewi atau Seribu Desa Wisata untuk kesejahteraan penduduk. Memanfaatkan fasilitas hutan di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan kaya dengan wisata. 

“Komitmen penguatan desa wisata ini, maka juga akan memunculkan UMKM di desa sekitar lokasi pantai,” ujar dia.

Melalui UMKM, lanjut dia, di masa akan datang, menumbuhkan perekenomian bagi masyarakat sekitar. Baik bagi petani maupun nelayan yang ada di sekitar wisata dekat laut. Hal ini diperlukan pendampingan, pelatihan masyarakat juga penguatan dalam infrastruktur di jalur lintas selatan.

Penguatan lainnya, jika Gus Ipul dan Puti terpilih dalam pemilihan umum pada 27 Juni mendatang, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, akan memberikan kartu Jatim Sehat.

Kartu ini, diberikan untuk masyarakat kurang mampu atau miskin yang tidak mendapatkan kartu BPJS. Kartu Jatim sehat ini digunakan saat berobat di rumah sakit maupun puskesmas. “Karena sudah menjadi komitmen kerja kami, Gus Ipul dan Puti memberikan layanan tanpa tolak masalah kesehatan,” tegas dia.

Selain memberikan kartu Jatim sehat untuk masyarakat miskin. Pasangan calon nomor 2 ini juga memberikan penguatan lain bagi masyarakat Jawa Timur, yakni pendidikan gratis tingkat SMA/ SMK Negeri.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Di Pantai Batu Bekung, Puti Bahas Masalah Hutan