alexametrics

Singgahi Candi Bahal di Paluta, Djarot Terpukau dan Tercengang

9 Maret 2018, 20:55:36 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagub Sumut) Djarot Saiful Hidayat melanjutkan agenda kampanyenya ke kawasan Padang Lawas Utara. Dia juga menyempatkan diri mengunjungi salah satu situs purbakala yang mendunia yaitu Candi Bahal, di Desa Bahal, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kamis (8/3).

Saat melihat Candi Bahal, Djarot terheran-heran. Karena batu yang usianya sudah ribuan tahun itu tidak ditumbuhi lumut. “Beda dengan batu bata sekarang. Bisakah kalian buat batu bata yang tidak ditumbuhi lumut?” ujar Djarotd dari keterangan tertulis yang diterima pada, Jumat (9/3).

Djarot pun berkomentar, dia mengatakan Candi Bahal adalah salah satu bukti nenek moyang orang Indonesia pintar. “Nenek moyang kita adalah orang-orang hebat. Maka, kita sebagai generasi muda harus bisa merawat candi ini. Tak hanya merawat secara fisik, namun juga merawat semangat keberagaman dan semangat toleransi yang terjalin sejak dulu. Itulah caranya kita menghormati leluhur,” tutur Djarot.

Singgahi Candi Bahal di Paluta, Djarot Terpukau dan Tercengang
Djarot Saiful Hidayat saat berada di Candi Bahal, Desa Bahal, Lecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kamis (8/3). (Istimewa)

Sementara itu, Julvan Harahap juru pelihara Candi Bahal berharap, adanya kerja sama dengan pemerintah daerah dan pusat untuk perawatan Candi Bahal. Setiap perayaan Waisak, para penganut Buddha dari 12 negara selalu datang ke Candi Bahal.

“Candi ini juga ramai dikunjungi, saat perayaan Waisak. Tiap Sabtu dan Minggu juga ramai. Pada hari lebaran juga sangat ramai,” katanya.

Dalam kesempatan lain, Djarot meminta restu dari masyarakat Padang Lawas Utara. Dia berharap bisa menjadi pemimpin harus melayani, menjadi teladan dan tegas.

“Sebagaimana pelayan, maka harus tahu apa yang diinginkan masyarakat. Saya turun di desa terpencil ini agar tahu kondisi masyarakat sebenarnya,” ucap Djarot saat bersilaturahmi dengan masyarakat Kampung Trans Batangpane III, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Dalam silaturahmi tersebut, Djarot Syaiful Hidayat menyerahkan 2 unit mesin genset untuk warga masyarakat. Dia berpesan mesin genset itu dipakai untuk kegiatan sosial, bukan pribadi.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Singgahi Candi Bahal di Paluta, Djarot Terpukau dan Tercengang