alexametrics

Puti: Lobi Politik yang Berbudaya Itu Perlu

9 Februari 2018, 10:05:04 WIB

JawaPos.com – Bakal calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno menyempatkan diri menghadiri penutupan pameran lukisan karya Jupri Abdullah di Balai Pemuda Surabaya, Kamis (8/2).

Cucu Presiden Soekarno ini mengaku terkesan dengan sejumlah lukisan tokoh nasional dan potret dirinya dalam sapuan cat minyak di atas kanvas yang dihasilkan.

Menurut Puti, lukisan penggambaran dirinya tersebut cukup kental dengan nuansa aliran realis. Dia melihat lukisan karya Jupri tersebut tergambar sorotan mata yang tajam dan berisi. Sementara, lukisan Megawati Soekarno Putri dan Presiden RI Joko Widodo lebih terlihat pop art

Ditanya tentang seni budaya dalam berpolitik, Puti berpendapat, di tengah hiruk pikuk dunia perpolitikan jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) perlu adanya keseimbangan. Salah satunya, keseimbangan jiwa dalam hal seni dan budaya. 

Puti memandang perlu adanya unsur seni dan budaya dalam berpolitik. Misalnya budaya etik dan moral. Karena, lanjutnya, kegiatan berpolitik tidak selalu dilakukan melalui lobi-lobi praktis. 

“Karena menurut saya, nggak cuma politik praktis. Tapi lobi budaya itu juga perlu karena lebih efektif, ketimbang lobi-lobi yang lain” kata Puti. 

Karenanya, dia berharap ada keterlibatan unsur kebudayaan dalam kegiatan berpolitik yang dapat jadi panutan politisi di daerah lain. Termasuk, menjadikan Surabaya sebagai ibu kota dan pusat seni dan budaya di Jawa Timur. 

Menurutnya, Surabaya memang perlu menjadi barometer atau pusat kebudayaan. Apalagi jika didukung dengan keberadaan Balai Pemuda yang berpotensi menjadi tempat kesenian berstandar internasional. 

Puti menambahkan, gedung Balai Pemuda berpotensi menjadi ajang kumpul bagi seniman lokal hingga mancanegara. Alumni Universitas Indonesia (UI) ini melihat adanya potensi gedung Balai Pemuda yang dapat dijadikan seperti Opera House di Australia. 

“Cita-cita saya ingin Jawa Timur ini jadi pusat kebudayaan dan barometer seni di Indonesia. Karena saya melihat Jawa Timur begitu kaya akan budaya,” tutupnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Puti: Lobi Politik yang Berbudaya Itu Perlu