alexametrics

Khofifah Siap Gelontor Madura Rp 1,6 Triliun

9 Februari 2018, 19:46:05 WIB

JawaPos.com – Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memiliki komitmen untuk membangun wilayah Madura. Terlebih, pembangunan wilayah Madura merupakan titipan langsung dari Gubernur Jatim Soekarwo.

Khofifah pun sudah mulai berhitung dengan cermat berapa anggaran untuk pengembangan Pulau Madura. Hasil sementara didapatkan angka Rp 1,6 triliun.

“Menurut hitung-hintungan saya, khsusus program untuk di Madura standar minimalnya membutuhkan segitu,” kata Khofifah saat menghadiri acara Silaturrahim dan Konsolidasi Ulama serta Relawan di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Qarnain Balet Baru, Sukowono, Jember, Jumat (9/2).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim diyakini dapat menyediakan kebutuhan anggaran tersebut. Seperti diketahui, APBD Jatim tahun ini berkekuatan Rp 29,6 triliun. Rp 6,45 triliun atau hampir Rp 6,5 triliun diantaranya digunakan untuk gaji atau belanja pegawai.

Lalu hibah Rp 7,5 triliun dan Rp 5,4 triliun terkait dengan bagi hasil. Rp 9,3 triliun sisanya untuk berbagai pemerataan program di seluruh kabupaten/kota di Jatim.

“Artinya, kalau masyarakat Jatim memberikan amanat, mandat dan dukungan kepada pasangan Khofifah-Emil, Insya Allah yang terkait dengan beasiswa guru madrasah diniyah, terkait dengan rekomendasi pesantren di Madura yang ingin menambahkan pendidikan vokasi, kami sudah pada proses melakukan hitung-hitungan. Tidak sekadar perencanaan,” tandas Khofifah.

Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu juga akan memberikan perhatian khusus kepada hafidz-hafidzoh. Melaui program Sapaan Kehormatan, Khofifah berjanji akan menambahkan jumah hafidz-hafidzoh. Dari sekarang 2.500 orang yang mendapat insentif dari Pemprov Jatim, akan ditingkatkan menjadi 10 ribu orang di tahun depan. “Jika kami berseiring memberikan penghormatan terutama terhadap hafidz, maka imam masjid yang menjadi referensi utama,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju sebagai Bacagub-Bacawagub Jatim dengan diusung sejumlah partai politik. Adalah Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Hanura, PAN PPP dan PKPI.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Khofifah Siap Gelontor Madura Rp 1,6 Triliun