alexametrics
Elektabilitas dalam Survei Jeblok

Partai ‘Sis and Bro’ Optimistis Tetap Bisa Melenggang ke Senayan

9 Januari 2019, 19:30:49 WIB

JawaPos.com – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebut Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi salah satu partai yang bakal tidak lolos ke parlemen. Sebab, berdasarkan survei yang digelar, elektabilitas partai ‘Bro and Sis’ itu masih 0,1 persen.

Isu-isu yang dimainkan PSI juga selama ini malah membuat elektabilitas partai yang dikepalai oleh Grace Natalie ini tidak terdongkrak. Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni mengatakan, survei dari LSI ini akan menjadi masukan bagi partai yang identik dengan kaum milenial ini.

“Apapun lembaga yang kredible melakukan survei kami pelajari, kami apresiasi. Karena itu memberikan masukan dan peta jalan untuk kami bergerak,” ujar Antoni saat di DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Senin (9/1).

Menurut Antoni, survei yang dilakukan oleh LSI berbeda dari hasil di internalnya. Sehingga PSI optimistis bisa lolos ambang batas parlemen sebesar empat persen. Sehingga partai ini bisa melenggang ke Senayan.

‎”Kami juga punya survei internal yang kami percaya menunjukkan elektabilias kami terus naik. Dengan margin of error tertentu angka 4 persen ini enggak jauh,” katanya.

Sebelumnya, ‎peneliti LSI Ardian Sopa mengataka‎n dari lima kali survei sepanjang Agustus-Desember 2018, partai yang dinakhodai oleh Grace Natalie ini masih belum bisa terdongkrak elektabilitasnya.

Seperti pada Agustus 2018, elektabilitas PSI sebesar 0,2 persen, September 0,2 persen, Oktober 0,2 persen, November 0,9 persen, dan pada Desember 0,1 persen.

“Jadi, itu data dari LSI berdasarkan bulan Agustus hingga Desember 2018,” ujar Ardian di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Selasa (8/1).

Ardian menyebut, salah satu penyebab elektabilitas PSI tidak naik lantaran partai yang dipimpin oleh Grace Natalie itu masih kerap memainkan isu kontroversial. Sehingga berdampak kepada citranya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Partai 'Sis and Bro' Optimistis Tetap Bisa Melenggang ke Senayan