alexametrics

Marak Kejahatan Politik, JarmuNU: Kami Tidak Akan Mundur demi Khofifah

8 Juni 2018, 23:13:24 WIB

JawaPos.com – Koordinator Jaringan Muda NU (JarmuNU) Jawa Timur, Fairuz Huda mengutuk keras atas adanya pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh pihak-pihak dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf–Puti Guntur Soekarno.

Banyaknya pelanggaran tersebut, kata Fairuz mengacu pada beberapa pelaporan oleh masyarakat kepada Panwaslu di berbagai daerah. Seperti, di Lamongan, Trenggalek dan Surabaya. Bahkan, cara kampanye yang melanggar itu disebutnya sebagai kejahatan politik.

“Mengutuk keras kejahatan politik mereka, dan ini bukan hanya JarmuNU, kita sebagai bangsa yang saat ini memiliki harapan besar terhadap sistem demokrasi di Indonesia khususnya juga pada Pilgub Jawa Timur, kami juga berharap proses demokrasi ini bisa menseleksi calon pemimpin yang baik dan sesuai dengan kebutuhan publik,” tegas Fairuz kepada JawaPos.com, Jumat, (8/6).

Selain itu, mantan Ketua PKC PMII Jatim ini khawatir, maraknya pelanggaran itu berlanjut pada kecurangan saat pemungutan suara pada 27 Juni mendatang. Sebab, hingga saat ini, posisi pasangan Gus Ipul-Puti saat ini jauh tertinggal dibanding pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

“Kami khawatir kejahatan politik itu yang akan meraka gunakan untuk merebut kekuasaan dengan menemukan lawan seperti Bu Khofifah dan Mas Emil. Karena selain kejahatan politik yang bisa mereka lakukan itu tidak ada cara lain agar mereka itu dihitung setidaknya sebagai calon yang kuat meskipun pada kenyataanya mereka sebenarnya tidak laku di arus bawah,” imbuhnya.

Meski demikian, lanjut Fairuz, JarmuNU yang saat ini menjadi bagian dari unsur relawan Khofifah-Emil tidak takut dengan cara-cara yang mereka akan lakukan. Ia pun mengaku telah menyiapkan dua strategi khusus untuk mengantisipasi segala potensi kecurangan itu.

“Sebagai relawan, kami tentu memiliki langkah-langkah. Pertama tentu tidak bisa kami publikasikan. Kedua, adalah, kejahatan apapun yang mereka lakukan, kejahatan apapun yang mereka organisir kami juga tidak akan sedikitpun mundur untuk mengorganisir kebaikan dalam rangka memenangkan Khofifah-Emil. Kita akan mengajak masyarakat yang hari ini sudah banyak mengapresisai pencalonan Khofifah banyak dukungan yang muncul secara alami,” tandasnya.

“Jarmunu akan menjadi promotor menyelamatkan demokrasi di lingkungan masyarakat arus bawah dengan membendung kejahatan politik yang diakukan oleh lawan,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Marak Kejahatan Politik, JarmuNU: Kami Tidak Akan Mundur demi Khofifah