JawaPos Radar

Hasil Survei Elektabilitas Dodi Tertinggi, HDMY Merosot

08/06/2018, 23:10 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Hasil Survei Elektabilitas Dodi Tertinggi, HDMY Merosot
Peneliti Senior LSI Denny JA, Rully Akbar saat menunjukkan hasil survei. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Paslon Dodi Reza Alex Noerdin–Giri Ramanda Kiemas memiliki elektabilitas tertinggi mengalahkan paslon Herman Deru–Mawardi Yahya (HDMY) dan dua paslon lainnya. Itu hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dilakukan sejak 1 Juni hingga 5 Juni 2018.

Peneliti Senior LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan, paslon nomor urut empat yakni Dodi Reza Alex Noerdin–Giri Ramanda Kiemas memiliki elektabilitas sebesar 27,7 persen. Kemudian disusul Paslon HDMY sebesar 23,2 persen.

Untuk peringkat ketiga disusul oleh Paslon Ishak Mekki–Yudha Pratomo Mahyuddin dengan elektabitas sebesar 18,4 persen, dan terakhir paslon nomor urut dua yakni Aswari Rivai–Irwansyah dengan elektabilitas sebesar 8,6 persen.

“Survei ini dilakukan terhadap seribu koresponden dengan margin error sebesar 3,16 persen,” katanya saat memberikan keterangan pers di Palembang, Jumat (8/6).

Diterangkannya, dukungan Paslon Dodi–Giri terus mengalami peningkatan. Bahkan, peningkatan tertinggi pada Bulan Februari lalu yakni sebesar 25,6 persen dan pada bulan Mei berhasil menembus elektabilitas sebesar 27,7 persen.

Menurutnya, peningkatan ini terjadi dikarenakan beberapa faktor diantaranya kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin yang juga selaku ayah dari Dodi Reza Alex. Ditambah lagi program kerja yang diusung paslon nomor urut empat ini lebih menjanjikan dibandingkan paslon lainnya.

“Secara tidak langsung memang masyarakat menginginkan program dari Alex Noerdin dilanjutkan oleh putranya,” terangnya.

Berbeda halnya dengan paslon HDMY yang justru menurun dari semula 32,6 persen menjadi 23,2 persen di Bulan Juni 2018. Hal ini menurutnya dikarenakan isu lama yang kembali populer seperti dugaan skandal paslon tersebut, penangkapan mantan Bupati Ogan Ilir, Ahmad Wazir Nofiadi yang merupakan putra dari Mawardi Yahya dan lain sebagainya.

“Pengaruh ini sangat besar, karena menurut kami soal program itu tidak dikenal masyarakat tetapi jika personal tentunya langsung berpengaruh terhadap masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, dalam Pilgub Sumsel mendatang paslon Dodi – Giri sangat berpeluang untuk memenangkan pertarungan tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan jika paslon lain mampu mengunggulinya mengingat selisih elektabilitas antar paslon tidak terlalu jauh.

“Jika paslon lain tidak mampu untuk mengungguli elektabilitas tersebut tentunya yang bakal memenangkan Pilgub 2018 sudah diketahui. Karena itu, paslon lain perlu gebrakan untuk mengunggulinya,” tutup Rully.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up