alexametrics

Polda Jatim Perketat Pengamanan di Debat Publik Pilgub Jatim Kedua

8 Mei 2018, 18:11:58 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur kembali menggelar debat publik Pilgub  Jawa Timur putaran kedua di gedung Dyandra Convention Hall, Selasa (8/5). Demi keamanan, polisi pun mengeluarkan sejumlah larangan bagi para pendukung partai.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, pendukung partai tanpa ID Card dilarang masuk. Larangan tersebut juga berlaku bagi pendukung yang tidak memiliki atribut tanda masuk yang sudah tersedia dari panitia acara debat.

“Supaya suporternya lebih tertib dan tahu dirilah. Sehingga, acara debat pilgub dapat berlangsung tertib,” kata Machfud kepada wartawan usai melakukan pengecekan di gedung Dyandra Convention Hall, Selasa (8/5).

Karenanya, Machfud menegaskan pihaknya akan melakukan penyitaan , jika masih ada pendukung calon  yang mencoba masuk dengan atribut tidak resmi. Hal itu dilakukan atas komitmen bersama dengan KPUD Jawa Timur sebagai pihak penyelenggara.

“Karena aturannya dari KPUD Jawa Timur sudah jelas. Kalau masih ada yang bawa atribut bukan dari panitia ya kami ambil. Aturan itu berlaku untuk pendukung kedua pasangan calon gubernur dan wakilnya,” tegas Machfud.

Tak hanya soal atribut. Machfud juga menghimbau rombongan suporter partai agar tertib di jalan. Misalnya, dengan tidak bergerombol dan berhenti di jalanan di depan area gedung Dyandra Convention Hall.

Saat pelaksanaannya, Machfud menyatakan tidak akan menambah personil. Pihaknya sudah menyiagakan personil dari Polrestabes Surabaya dan Polda Jawa Timur sebanyak sekitar seribuan lebih.

“Kami akan lakukan soft approach. Makanya semua pendukung partai sudah komitmen bersama. Kalau memang sudah ngga boleh masuk mending nonton di rumah saja, lah,” katanya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Polda Jatim Perketat Pengamanan di Debat Publik Pilgub Jatim Kedua