alexametrics

Penerapan Kartu Sakti DJOSS Nanti Diklaim Tidak Ada Anak Putus Sekolah

8 Mei 2018, 23:15:49 WIB

JawaPos.com – Calon gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat menegaskan tidak boleh ada lagi anak putus sekolah karena keterbatasan biaya dan masyarakat yang menderita sakit tidak ada biaya untuk berobat.

“Jangan sampai terjadi lagi,” ucap Djarot di hadapan ratusan masyarakat acara tabligh akbar dan temu ramah di lapangan bola, Dusun Takari, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Selasa (8/5).

Untuk memastikannya, Djarot akan membuat kartu sakti. Salah satunya Kartu Sumut Pintar (KSP) yang menanggung seluruh biaya sekolah anak tidak mampu hingga tamat.

Program ini berlaku untuk pelajar SMA/SMK dan Aliyah. Sementara untuk pelajar SD dan SMP tanggung jawabnya di pemerintah tingkat II.

Kemudian bagi pelajar berprestasi yang punya keinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) juga akan diberikan beasiswa sebesar Rp1 juta per bulan.

Djarot juga menyampaikan, tidak boleh lagi ada masyarakat kurang mampu tidak jadi berobat karena ketiadaan biaya. Bersama pasangannya calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Sitorus, akan meluncurkan Kartu Sumut Sehat (KSS).

Lewat Kartu Sumut Sehat,masyarakat yang berobat di rumah sakit kelas III, seluruh biayanya akan ditanggung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. “Pemerintah harus hadir sebab pendidikan dan kesehatan adalah tanggung jawab pemerintah,” tandas Djarot.

Kemudian ada lagi Kartu Sumut Keluarga Sejahtera (KSKS). Lewat KSKS ini, nelayan, petani, dan buruh yang butuh permodalan akan diberikan kemudahan. “Semuanya ditransfer ke rekening masing-masing,” ucap Djarot.

Dalam pertemuan Djarot di sana, ada seorang guru honorer madrasah yang mengaku dapat honor Rp 150 ribu per bulan. Menanggapi hal itu, Djarot Saiful Hidayat mengatakan hal demikian tidak bisa dibiarkan lagi.

Dia akan meluncurkan Kartu Sumut Keluarga Sejahtera (KSKS), untuk memberikan insentif bagi guru honorer. Uangnya akan ditransfer langsung ke para guru-guru honorer.

Diketahui, dengan Kartu Sumut Keluarga Sejahtera (KSKS), ini juga akan mengakomodir keinginan nelayan, petani dan buruh untuk mendapatkan tambahan modal usaha.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Penerapan Kartu Sakti DJOSS Nanti Diklaim Tidak Ada Anak Putus Sekolah