alexametrics

Lagi, Relawan ERAMAS Berlabuh ke DJOSS

8 Mei 2018, 21:05:29 WIB

JawaPos.com – Fenomena alih dukungan di Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut), kembali terjadi. Teranyar, Relawan Global Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (ERAMAS) Binjai dan Langkat mengalihkan dukungannya kepada pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS).

Beberapa perwakilan relawan mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (8/5). Mereka menyerahkan surat tanda pengunduran diri mereka dari ERAMAS.

Eks Ketua Relawan Global ERAMAS Binjai Haryadi mengatakan, pengunduran diri mereka dilakukan tanpa paksaan dari pihak manapun. Bahkan mereka mengaku, tidak ada iming-iming yang dijanjikan supaya mereka mundur. Ada rasa kekecewaan yang dirasakan mereka kepada ERAMAS lantaran tidak diperdulikan.

“Tidak adanya perhatian dari mereka (ERAMAS). Sebelumnya kita kan sudah mendukung Edy sejak belum ada pasangan. Sampai dia deklarasi, kami buat posko. Tapi sampai detik ini kami tidak pernah dikunjungi,” kata Haryadi.

Dia mengklaim ada 2.350 formulir dukungan yang mereka serahkan kepada koordinator Relawan ERAMAS. Dan selama ini, mereka juga ikut bekerja untuk mensosialisasikan Pasangan Edy-Ijeck di Kota Binjai.

“Memang kami selama ini dikasih spanduk, kalender, kami bagikan juga. Formulir yang diminta pembina kami di Sumatera Utara Ibu, Sarifah,” ujarnya.

Haryadi juga mengungkapkan, saat mendukung ERAMAS mereka sempat ingin mengadakan acara. Namun, dia kecewa ketika melihat nama Relawan Global ternyata tidak tercantum.

“Jelas di SK kan, tapi kami pas mau buat acara, mau mengajukan acara di situ, nama kami tidak terdaftar di situ. Itu sedihnya kami. Relawan dari Binjai dan Langkat gak ada nama kami di situ,” tukasnya.

Sementara itu, eks Ketua Relawan Global ERAMAS Langkat Hendro mengungkapkan hal serupa. Alih dukungan yang mereka lakukan, bukan karena ada tekanan dari pihak manapun.

“Kami kecewa, tapi itu intern kami lah. Intinya kami mencari sosok pimpinan yang sudah berpengalaman dan mumpuni. Dan memang sudah pernah memimpin daerah lain. Kami akan mengalihkan dukungan ke DJOSS (Djarot-Sihar),” katanya.

Komisioner KPU Yulhasni angkat bicara soal fenomena maraknya alih dukungan relawan yang datang ke kantornya. Menurutnya, hal itu lumrah saja dilakukan. Karena tidak ada larangan kepada siapapun yang akan menyampaikan aspirasinya ke KPU.

“KPU Sumut tidak pernah mengeluarkan SK Relawan. SK Relawan itu ada di Paslon. Kalau mau menarik dukungan itu yah ke Pasangan Calon. Kita hanya mengeluarkan SK Tim Kampanye Pasangan Calon,” katanya.

Pun begitu, KPU tidak bisa menerima surat mereka. Karena tidak pernah mengeluarkan surat keputusan apapun. “Bagaimana kami bisa menerima, orang mereka tidak terdaftar di sini. Kecuali mereka tadi terdaftar,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Alumni Sastra USU itu, tim dari kedua pasangan calon tidak pernah sama sekali mendaftarkan tim relawan. Mereka hanya mendaftarkan tim kampanye. Padahal, jika mendaftarkan tim relawan itu dibenarkan dalam peraturan KPU, karena merupakan hak pasangan calon.

Sebelumnya, tim relawan ERAMAS dari Mandailing Natal (Madina) juga datang ke KPU untuk menyatakan alih dukungan ke pasangan DJOSS. Mereka juga datang ke Posko DJOSS di Jalan Cipto untuk mendeklarasikan alih dukungan kepada mereka.

Selain alih dukungan ke DJOSS, Baru-baru ini beberapa organisasi masyarakat Jawa mendatangi posko pemenangan ERAMAS yang terletak di Jalan A Rivai, Medan, Senin (7/5) petang.

Tujuan mereka, ternyata untuk menyatakan dukungan bagi pasangan ERAMAS. Dari rombongan tersebut, di antaranya Perhimpunan Penggerak Seni Budaya Jawa Indonesia, Krido Manunggal Budoyo Deliserdang, Radio Jawa Komunitas Desa Deliserdang, Anak Perantau Putra (Apper) Jawa Serta Satgas Sumut Paten.

Ketua perhimpunan penggerak seni budaya Jawa Indonesia Sumut Ki Sunardi Rediguno mengatakan, mereka telah sepakat untuk mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Eramas.

“Pihak sebelah (DJOSS) mengklaim telah mendapat dukungan kami. Tapi ternyata tak ada perhatian terhadap seniman,” katanya.

Keputusan tersebut, didapat setelah melalui musyawarah dengan seluruh anggotanya yang tersebar mulai dari Kabupaten Langkat hingga Padanglawas Utara.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Lagi, Relawan ERAMAS Berlabuh ke DJOSS