JawaPos Radar

Berkunjung ke Rawaurip, Emil Janji Prioritaskan Petambak Udang

08/05/2018, 03:25 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kang Emil
Cagub Jabar nomor urut satu, Ridwan Kamil saat berkunjung ke Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Senin (7/5) (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Berusaha mendapat dukungan masyarakat Cirebon, calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil kembali berkunjung ke Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Senin (7/5).

Kunjungannya ke sejumlah petambak udang dan petani garam, pria yang akrab disapa Kang Emil itu hendak berbagi ilmu tentang sistem pengelolaan tambak udang dan garam.

Menurutnya, wilayah pesisir Timur Jawa Barat tersebut memiliki potensi sebagai pusat industri garam lokal. Akan tetapi belum dikelola secara profesional, sehingga hasil tambak dirasa belum maksimal.

"Desa Rawaurip punya potensi yang sangat besar untuk dikembangkan tambak udang dan garamnya. Tapi pengelolaannya masih tradisional, ini menjadi perhatian kami," ujarnya usai menemui petambak garam dan udang di Desa Rawaurip, Senin (7/5).

Emil berbagi tips kepada para petambak udang dan garam. Menurutnya, petambak udang yang memiliki lahan satu hektar bisa mendapat keuntungan Rp. 1,2 miliar per tahun.

Dia menjelaskan, dari per hektar tambak petambak bisa menghasilkan Rp. 7 juta hingga Rp. 10 juta per bulannya. Jika dimaksimalkan, maka petambak bisa meraup keuntungan lebih dari Rp. 1,2 miliar.

Emil mendapat keluhan dari petambak terkait infrastruktur yang belum menunjang untuk menjaga kualitas udang. Sehingga, berdampak pada penurunan harga udang. Ia menjawab, masalah tersebut bisa diatasi dengan program Gudang Juara. Dengan adanya Gudang Juara itu, suplai udang ke sejumlah pasar bisa terpenuhi.

Emil berjanji, jika terpilih menjadi gubernur ia tidak akan membiarkan para petambak udang berjalan sendirian mengembangkan usahanya.

"Kalau saya terpilih nanti, kami akan membuat sistem pengelolaan gudang berikut dengan sistem perdagangannya. Sehingga suplai ke pasar bisa dikendalikan," terangnya.

Disebutkan, Desa Rawaurip sekitar 60 warganya bermata pencaharian sebagai petambak udang dan garam. Bila terpilih menjadi gubernur, Emil mengaku akan memprioritaskan desa itu menjadi desa percontohan tambak udang dan garam.

"Desa ini sangat punya potensi, bila terpilih nanti, saya sudah merencanakan program satu desa satu perusahaan. Desa ini bisa jadi percontohan usaha tambak udang dan garam," pungkasnya.

(wiw/JPC)

Alur Cerita Berita

Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu Berduka 08/05/2018, 03:25 WIB
Kang Emil: Kalau Terlena Kita Kalah 08/05/2018, 03:25 WIB
Demokrat Usung Dede Yusuf?  08/05/2018, 03:25 WIB
Nasdem Siap Menangkan Ridwan Kamil  08/05/2018, 03:25 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up