alexametrics

796 Personel Amankan Debat Publik Pilgub Jatim Kedua Kalinya

8 Mei 2018, 18:40:18 WIB

JawaPos.com – Aparat keamanan menyatakan kesiapannya untuk menjaga jalannya debat publik kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) yang berlangsung di Dyandra Convention Center, Selasa, (8/5) malam. Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim mengerahkan ratusan personelnua untuk melakukan penjagaan.

Kabagops Polrestabes Surabaya AKBP Bambang Sukmo Wibowo menjelaskan, jumlah pasukan yang disiagakan untuk mengawal debat publik kedua itu sebanyak 796 orang. Dengan rincian, 374 berasal dari Polrestabes Surabaya dan 442 orang dari Polda Jatim. “Kali ini pengamanannya akan lebih ketat. Terutama saat menghadapi massa pendukung para calon,” jelas Bambang kepada wartawan, Selasa siang (8/5).

Berdasarkan evaluasi pada debat pertama, Polisi akan melakukan penjagaan lebih ketat di beberapa lokasi. Potensi kerawanan yang mungkin perlu diantisipasi adalah bentrok antar pendukung, penumpukan massa dan kendaraan. Penumpukan itu terjadi karena, screening tamu yang memakai gelang dan undangan.

796 Personel Amankan Debat Publik Pilgub Jatim Kedua Kalinya
Kabagops Polrestabes Surabaya AKBP Bambang Sukmo Wibowo (depan, rompi hijau) (Dida Tenola/JawaPos.com)

“Sebelumnya pada debat pertama, massa pendukung yang bisa masuk dibatasi kuotanya. Dari situlah ada miss communication dengan pihak panitia, yang menyebabkan terjadinya perselisihan. Kami harap debat nanti, sudah tidak ada lagi seperti itu,” tambah Bambang.

Beberapa bahan evaluasi lain yang menjadi catatan Polisi adalah, penyekatan massa paslon yang kurang jelas. Lantaran, kedua kubu massa menjadi saling ejek. Nantinya Polisi akan memasang batas pemisah di depan gedung agar kejadian tersebut tidak terulang.

Polisi sendiri akan tetap membagi pola keamanan dalam tiga ring. Ring satu meliputi area gedung, mulai panggung hingga ruang konsolidasi. Ring kedua berada di luar Gedung Dyandra Convention Center. Serta ring ketiga berada di sepanjang Jalan Basuki Rahmat.

Debat publik kedua kali ini akan mengambil tema Ekonomi dan Pembangunan. Kedua paslon akan menjawab langsung pertanyaan dari empat panelis yang telah ditunjuk KPU Jatim. Keempat panelis tersebut adalag Prof Nuhfil Hanan dan Arif Hoetoro dari Universitas Brawijaya (UB), Rektor Univeristas Jember (Unej) M. Hasan dan Nurul Barizah dari Universitas Airlangga (Unair).

Editor : Budi Warsito

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
796 Personel Amankan Debat Publik Pilgub Jatim Kedua Kalinya