alexametrics

Ijazah JR Saragih Kembali Digugat

8 Maret 2018, 19:53:12 WIB

JawaPos.com – Drama sengketa Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018 terkait ijazah bakal calon Gubernur Sumut Jopinus Ramli (JR) masih terus berlanjut.

Setelah putusan Bawaslu yang memenangkan kisruh legalisir ijazahnya, Kamis (8/3) gugatan terhadap ijazah JR kembali muncul. Gugatan itu menyatakan, fotokopi ijazah JR Saragih yang dilegalisir diduga palsu atau tidak asli .

Adalah Nurmahadi Darmawan, 43 yang melayangkan gugatan terhadap ijazah milik JR Saragih itu. “Legalisir STTB dugaan kita itu gak benar. Karena adanya surat Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang menyatakan bahwa mereka tak pernah meleges,” kata Nurhamadi yang berprofesi sebagai pengacara, Kamis (8/3).

Ijazah JR Saragih Kembali Digugat
Pendukung JR Saragih membentangkan poster nomor urut 3 sebagai bentuk dukungan kepada Pasangan JR-Ance yang memenangkan sengketa pemilihan melawan KPU Sumut, Sabtu (3/3) (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

Sejumlah indikasi pun diungkapkannya. Surat Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang tidak mengakui legalisir ijazah JR Saragih patut dipertanyakan. Padahal faktanya, JR menjadikan dokumen tersebut sebagai berkas pemenuhan syarat calon mendaftar ke KPU.

“Makanya kita mohonlah Bawaslu memeriksa keabsahan ini, apa benar. Sebagai masyarakat pemilih dalam alam demokrasi ini kan minta transparansi. Masyarakat kan ingin tahu klarifikasi. Mungkin dengan laporan kita jadi terbuka,” ungkapnya.

Menurutnya, permasalahan itu akan mendapat titik terang jika Dinas Pendidikan DKI Jakarta bersedia hadir dan memberikan keterangan saat musyawarah sengketa beberapa waktu lalu di Bawaslu.

Jika tidak berkenan hadir, maka menurutnya petugas Gakkumdu bisa menghadirkannya. Karena menyangkut pengusutan dugaan pidana yakni pemalsuan.

Dalam rangka penyidikan dalam indikasi pidana, penyidik bisa menghadirkan paksa saksi yang dibutuhkan keterangannya. Ini supaya terang,” tandasnya.

Sebelumnya, pasangan JR Saragih-Ance Selian harus gagal menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut setelah KPU tidak menetapkan mereka karena masalah fotokopi legalisir ijazah.

Pasangan yang diusung Demokrat, PKB dan PKPI itu kemudian menempuh jalur hukum ke Bawaslu Sumut yang akhirnya mengabulkan sebagian permohonan mereka.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ijazah JR Saragih Kembali Digugat