alexametrics
Pilpres 2019

Jika Jadi Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf, Ini Tantangan Erick Thohir

7 September 2018, 11:30:24 WIB

JawaPos.com – Ketua INASGOC Erick Thohir santer dikabarkan bakal menjadi ketua tim kampanye nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Rencananya Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bakal mengumumkannya hari ini, Jumat (7/9).

Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menengarai, keberhasilan Erick memimpin penyelenggaraan Asian Game ke-18 menjadi bukti kemahiran dan kematangan dari pengusaha tersebut.

“Erick adalah sosok yang menggabungkan prinsip kerja keras dan kerja cerdas. Karenanya, merupakan strategi yang tepat mempercayakan sosok Erick Thohir untuk menjadi Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin,” kata Karyono kepada JawaPos.com.

Jika Jadi Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf, Ini Tantangan Erick Thohir
Jokowi dan Ma'ruf Amin didaftarkan ke KPU, Jumat (10/8). Ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf akan diumumkan hari ini, Jumat (7/9). (Issak Ramadhani/JawaPos.com)

Karyono menilai, pemegang club Inter Milan itu akan manambah energi baru dalam tim Jokowi-Ma’ruf. Sebab kemampuan manajerial dan rekam jejak kesuksesan dalam Asian Games serta keberhasilannya di beberapa bidang usaha bisa menjadi modal untuk memimpin tim kampanye nasional.

“Kehadiran sosok Erick akan menaikkan citra positif pasangan Jokowi-Ma’ruf,” tegas Karyono.

Kendati demikian, terdapat sejumlah tantangan yang akan dilewati oleh Erick jika didapuk sebagai ketua TKN. Sejumlah tantangan yang dihadapi tim Jokowi-Ma’ruf yang terberat adalah menyolidkan seluruh tim koalisi agar tidak terbelah.

Selain itu, tantangan yang terberat saat ini adalah menghadapi isu-isu ekonomi yang ditandai pelemahan nilai tukar rupiah terhadap USD. “Selain masalah kurs rupiah yang anjlok, isu ekonomi lainnya seperti masuknya tenaga kerja asing, utang, dan lainnya juga memerlukan strategi tersendiri,” ucap Karyono.

Bahkan Erick dihadapkan oleh realita politik yang penuh propaganda SARA dan kampanye hitam. “Sehingga memerlukan kearifan, kecerdasan, dan kelihaian untuk menanganinya,” pungkasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/rdw/JPC)


Close Ads
Jika Jadi Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf, Ini Tantangan Erick Thohir