alexametrics

Besok Rekapitulasi Suara Pilgub Jabar, Ini Dua Catatan Penting

7 Juli 2018, 18:05:44 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar akan menggelar rapat pleno rekapitulasi suara Pilgub Jabar 2018 di Gedung KPU Jabar Jalan Garut, Bandung, Minggu (8/7) besok. Rapat pun akan dibuka secara umum.

Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat mengatakan pihaknya telah siap menggelar rapat pleno rekapitulasi suara dari 27 Kabupaten/Kota di Jabar. Semua sudah terkonfirmasi, dan yang akan menghadiri rapat yakni pihak KPU, Bawaslu, Saksi dari pasangan calon, dan pihak terkait.

Namun, kata Yayat, saksi yang terdiri dari empat orang dari masing masing-masing paslon tidak semua bisa masuk ke dalam area rapat. Pasalnya hanya diberi kuota kursi sebanyak dua orang per paslon dan bisa digilir.

Perlu diingat bahwa ada dua hal yang dipersoalkan dalam rapat pleno rekapitulasi suara dalam kontestasi Pilkada. Yakni prosedur dan tata cara persidangan, serta selisih suara antara KPU dengan data Bawaslu atau Paslon. Hal itu sesuai PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Tata Cara Rekapitulasi Hasil Suara.

“Itu juga harus didukung data otentik atau dokumen asli. Bila KPU lemah, kami akan memperbaiki,” kata Yayat di KPU Jabar, Bandung, Sabtu (7/7).

Adapun pihak yang keberatan bisa mengajukan apabila terdapat selisih 0,5 persen. Jika selisihnya lebih, misalnya 0,6 persen maka yang bersangkutan tidak bisa mengajukan keberatan.

Terkait lain di luar dua hal itu tidak akan ditanggapi, tapi hanya dicatat sebagai bahan evaluasi pemilu berikutnya. Pada intinya, KPU Jabar akan bacakan rekapitulasi suara dengan meminta bantuan KPU 27 Kabupaten Kota di Jabar. Nantinya, masing-masing Kabupaten Kota akan bergilir menyampaikan hasil suara tersebut.

“Insya Allah akan didampingni Panwas masing-masing. Setelah itu kami memberikan kesempatan kepada Bawaslu untuk menanggapi hasil perolehan suara itu dan dilanjut saksi dari paslon,” ujarnya.

Berbagai persiapan rapat pleno sudah siap. Keamanan pun KPU sudah berkoordinasi dengan Polda Jabar untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan semuanya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ona/JPC)



Close Ads
Besok Rekapitulasi Suara Pilgub Jabar, Ini Dua Catatan Penting