alexametrics

Tim Khofifah-Emil Lengkapi Bukti, Panwaslu Akan Segera Panggil Puti

7 Juni 2018, 23:59:51 WIB

JawaPos.com – Tim pemenangan pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur Jatim nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak berhasil melengkapi seluruh berkas pengaduan dugaan pelanggan kampanye yang dilakukan oleh Cawagub nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno.

Dugaan pelanggaran itu, terjadi dalam acara parade budaya Rampak Barong yang diselenggarakan di Stadion Menaksopal Trenggalek pekan lalu. Disinyalir, kegiatan ini disalah gunakan untuk kepentingan kampanye Puti. Padahal, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Taruna Merah Putih (TMP) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Trenggalek, H. Agus Trianta kepada wartawan, membenarkan bawasannya pelaporan dari tim Khofifah-Emil telah dilengkapi dan diregister Pawaslu Trenggalek. Pihaknya, akan akan segera melakukan pemanggilan kepada Puti dan penyelenggara.

“Tentunya kami akan segera menindak lanjuti laporan ini, dengan segera meluncurkan surat undangan untuk pelapor dan saksi untuk kita mintai keterangan,” tegas Agus, Kamis, (7/6).

Secara terpisah, Sekretaris pemenangan Kofifah-Emil Kabupaten Trenggalek, Miklasiati menuturkan, pihaknya amat menyayangkan bahwa kegiatan yang luar biasa ini ternyata dipakai ajang kampanye oleh Puti.

“Kami sangat menyayangkan cara kotor seperti ini. Padahal, sesuai peraturan Undang-Undang dilarang dan tidak dibenarkan,” ungkap Miklasiati dalam jumpa pers mengenai pelaporannya ini.

Menurutnya, berdasarkan dugaan pelanggaran tersebut, pihaknya berani melangkah melaporkan ke Panwaslu untuk memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat yang benar dan baik. Serta tidak menzdolimi pasangan calon lain.

“Untuk bukti dan saksi sesuai yang dilaporkan semua sudah lengkap. Pelanggarannya sendiri seperti logo Pemkab Trenggalek, dijadikan kampanye salah satu paslon. Memanfaatkan jabatan, menyampaikan program di forum kerjasama antara Pemerintah Daerah,” jelasnya

Dia menegaskan, seharusnya kegiatan Pemkab Trenggalek, steril dari kegiatan kampanye. Namun kemarin, terbukti seperti pemasangan spanduk, atribut kaos. Juga ada kampanye nyanyian salah satu paslon.

“Riilnya pasangan calon hadir pada kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Tim Khofifah-Emil Lengkapi Bukti, Panwaslu Akan Segera Panggil Puti