alexametrics

Barikade Gus Dur Merapat ke Khofifah-Emil

7 Juni 2018, 01:58:21 WIB

JawaPos.com – Ribuan kader dari almarhum KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang tergabung dalam Barisan Kader (Barikade) Gus Dur Jawa Timur melakukan deklarasi dukungan kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa– Emil Elestianto Dardak di Surabaya, Rabu, (6/6).

Ketua Barikade Gus Dur Jatim, Ahmad Arizal mengatakan, deklarasi dukungan ini sudah melalui proses dan pertimbangan yang matang dan telah mendapat restu dari keluarga besar Gus Dur seperti Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid ayau Yeni Wachid.
 
Alhamdulillah, kami melakukan deklarasi ini kalau tanpa restu Cinganjur, tentunya Mbak Yeni Wachid kami tidak akan berani melakukan ini. Tentunya kami sudah mendapat restu dari beliau karena ada beberapa wadah pecinta Gus Dur ada yang boleh berpolitik ada yang tidak boleh,” kata Arizal usai acara deklarasi yang juga dihadiri oleh Emil.
 
Selain restu Cinganjur, lanjut Arizal, ada alasan lain yang mendasari dukungan kepada duet kader NU ini. Arizal menilai, Khofiah merupakan kader murni dari Gus Dur. Kedekatan KHofifah dengan Gus Dur semasa hidup dirugakan lagi. Bahkan, Khofifah merupakan kader yang setia dan tidak pernah berkhianat kepada Presiden RI ke-4 itu.
 
“Kalau kita melihat, Bu Khofifah ini tentunya kader murni Gus Dur. Waktu Gus Dur Jadi Presiden, beliau menjadi salah satu menteri. Di sisi lain teman-teman pecinta Gus Dur di Jawa Timur melabuhkan dukungannya kepada Ibu Khofifah dan Mas Emil karena keduanya sama-sama dari NU. Beliau tidak pernah berkhianat kepada Gus Dur, pertimbangannya seperti itu,” tegasnya.
 
Saat disinggung rival Khofifah, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang juga sama-sama kader NU, Arizal tetap yakin jika Khofifah yang terbaik dan seiring dengan nafas perjuangn politik Gus Dur. Sebab, Gus Ipul saat ini didukung oleh kelompok pengkhianat Gus Dur, yakni keluarga besar PKB dibawah kepemimpinan Muhaimin Iskandar.
 
Selain itu, Arizal juga menilai, Gus Ipul merupakan sosok yang tidak memiliki komitmen. Bahkan, Arizal meragukan kecintaan Gus Ipul kepada Gus Dur setelah meninggalkan PKB dan berlabuh ke PDI Perjuangan waktu itu.
 
“Kenapa kami tidak mendukung paslon lain karena disitu ada pengkhianat Gus Dur. Gus Dur pernah di lempar dari posisi Dewan Syuro PKB. Kalau Gus Ipul selalu berpindah-pindah partai. Kalau saya melihat sebagai kader Gus Dur, kenapa Gus Dur harus ditinggal?,” pungkasnya.
 
Untuk diketahui, dalam deklarasi ini, turut hadir Cawagub Emil Elestianto Dardak dan seluruh kader dari Barikade Gus Dur se-Jawa Timur. Mereka juga membacakan naskah deklarasi yang memuat 6 poin komitmen dukungan kepada Khofifah-Emil.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Barikade Gus Dur Merapat ke Khofifah-Emil