alexametrics

Jika Menang, Djarot-Sihar Janji Luncurkan 3 Kartu Sakti

7 April 2018, 20:05:05 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat menjanjikan pembuatan Kartu Sumut Sehat apabila memenangi Pilgub pada Juni mendatang. Oleh karena itu, paslon nomor urut 2 tersebut meminta masyarakat agar tidak mengkhawatirkan persoalan pembiayaan rumah sakit.

Hal itu diungkapkan Djarot saat berkunjung ke Kabupaten Langkat, Sabtu (7/4). “Jadi, bapak ibu yang kurang mampu, kalau sakit tidak usah takut ke rumah sakit. Lewat Kartu Sumut Sehat, yang tidak mampu gratis berobat,” katanya saat bertemu masyarakat Desa Tanjung Mulia, Kecamatan Hinai, Langkat. 

Dalam kesempatan itu, Djarot menyampaikan bahwa Sumatera Utara membutuhkan pemimpin yang melayani dan pemimpin yang mengabdi untuk mensejahterakan masyarakat. “Kalau bahasa bataknya, parhobas,” sebut Djarot di hadapan ribuan warga Hinai yang didominasi ibu-ibu.

Untuk membangun Sumatera Utara, Sumber Daya Manusia, imbuhnya harus jadi prioritas utama. Masyarakat harus mendapat pendidikan yang baik. Dan guna mewujudkan hal itu, Djarot juga berjanji akan meluncurkan Kartu Sumut Pintar. 

Pelajar setingkat SMA/SMK yang tidak mampu bebas biaya sekolah. Kemudian yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tapi tidak mampu akan diberikan beasiswa Rp12 juta per tahun. 

Kemudian, agar perutnya kenyang, dompetnya tidak kurang, Djarot menjelaskan, akan ada Kartu Sumut Sejahtera. Ia mencontohkan untuk petani. Ketika panen raya, pemerintah harus memberikan jaminan harga. Kemudian, bagi pedagang, diberikan bantuan modal agar tidak sampai berurusan dengan rentenir.

Kepada masyarakat yang hadir, Djarot mengingatkan bahwa Djarot memang orang Jawa, Sihar Sitorus orang Batak. Tapi Djarot bukan milik orang Jawa saja, Sihar juga bukan milik orang Batak, tapi milik warga Melayu, Mandailing, Cina, Nias, Aceh, Banjar, India, Minang dan semua suku yang ada di Sumatera Utara. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jika Menang, Djarot-Sihar Janji Luncurkan 3 Kartu Sakti