alexametrics

Kata HNW Kala Selisih Suara Jokowi-Prabowo Terpaut 8 Persen di Survei

7 Maret 2019, 20:58:31 WIB

JawaPos.com – Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis survei terbaru. Hasilnya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno sudah semakin mendekati pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan selisih 8 persen.

Namun demikian hasil itu tidak mendapat respons yang antusias dari Wakil Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Hidayat Nur Wahid (HNW).

HNW hanya meminta lembaga survei agar menjaga independensi dalam melakukan kegiatannya. “Kalau saya sih survei itu hendaknya dilakukan oleh mereka yang punya independensi sangat kuat, sehingga tidak diasumsikan ini survei rasa timses,” ujar HNW saat menghadiri acara Teropong Parlemen Award (TPA) 2019, di Jakarta, Kamis (7/3).

Mantan ketua MPR itu malah meminta para lembaga survei lebih jujur dengan metode kerja dan pihak pendonornya. “Kalau perlu membuka diri siapa yang mengongkosi, metodenya gimana, sehingga rakyat masih bisa percaya dengan lembaga survei,” imbuhnya.

“BPN kan sudah dinyatakan Pak Djoko Santoso bahwa dalam survei kami sudah melampaui Pak Jokowi sekalipun persentasenya belum dua digit. Tapi ya apa pun itu menegaskan bahwa dinamika masih terjadi dan lembaga survei harus membuka diri,” ujar mantan presiden PKS itu.

Sebelumnya, Ketua BPN Djoko Santoso menyatakan pasangan 02 sudah unggul atas petahana. Namun, sejauh ini pilpres belum usai. Sehingga masih akan terus terjadi dinamika.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Sabik Aji Taufan

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Kata HNW Kala Selisih Suara Jokowi-Prabowo Terpaut 8 Persen di Survei