alexametrics

Turun Gunung, Cak Imin Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

7 Februari 2018, 08:10:38 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tak akan setengah hati mendukung pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jatim Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Dia akan benar-benar all out memenangkan keduanya.

Komitmen pemenangan tersebut ditunjukkan politikus yang akrab dipanggil Cak Imin tersebut saat menghadiri Silaturahim Masyayikh dan Pengasuh Pesantren se-Jawa Timur di Ponpes Lirboyo, Kediri, yang digelar Selasa (6/2). “Saya akan turun ke Jatim seminggu dua kali,” tegasnya.

Cak Imin mengatakan bahwa Gus Ipul dan Puti adalah pasangan calon pilihan para kiai. Pemilihan mereka merupakan keputusan jumhur (mayoritas) ulama. 

“Para kiai sepakat bersatu. Dari seluruh calon-calon yang berlatar belakang NU, hanya ini yang didukung,” tambahnya.

Cak Imin mengakui bahwa baik Gus Ipul maupun Khofifah Indar Parawansa sama-sama berasal dari Nahdlatul Ulama (NU). Namun, keduanya berbeda di mata ulama. Sebab, hanya Gus Ipul yang mengantongi restu mayoritas kiai sepuh.

“NU selama ini selamet dan kuat karena jumhur ulama. Semua keputusan masalah berdasarkan jumhur ulama,” tutur alumnus Universitas Gadjah Mada tersebut.

Bahkan, Cak Imin meminta mereka yang sudah mendukung calon lain untuk kembali kepada jumhur ulama. Sebab, jika mayoritas ulama sudah bersepakat, wajib hukumnya untuk taat. “Tidak usah sungkan karena terlanjut berbaiat. Baiat bisa batal dengan alasan jumhur ulama,” ucapnya.

Cak Imin mengatakan bahwa duet Gus Ipul-Puti Soekarno statusnya wajib menang. Sebab, Gus Ipul sudah 10 tahun ‘magang’ dengan menjadi wakil gubernur Jatim mendampingi Soekarwo (Pakde Karwo).

“Gus Ipul sudah punya pengalaman tapi belum punya peran. Begitu jadi gubernur, langsung perseneling empat majukan Jatim,” ungkap mantan Ketua Cabang Yogyakarta Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu.

Pria asal Jombang itu juga mengatakan bahwa NU telah berkontribusi begitu banyak pada bangsa. NU terbukti mampu menjaga persatuan dan persaudaraan. Kini, seluruh harapan para kiai dan ibu nyai bisa langsung terealisasi melalui pemerintah provinsi jika Gus Ipul menang.

“Jatim ini juga bisa menjadi percontohan nasional. Bahwa kader NU akhirnya bisa di pemerintahan hingga jadi gubernur. Ini akan menjadi contoh daerah-daerah lain di mana warga NU-nya ingin berkontribusi lebih besar bagi bangsa,” ucap Cak Imin.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Turun Gunung, Cak Imin Siap Menangkan Gus Ipul-Puti