alexametrics

Khofifah-Emil Akan Kedepankan Pendidikan Berbasis Pesantren

7 Februari 2018, 17:24:28 WIB

JawaPos.com – Sektor pendidikan menjadi salah satu program prioritas Bakal Calon Gubernur-Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub-Bacawagub) Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak. Pendidikan yang akan dikedepankan adalah berbasis pesantren.

Juru bicara Tim Pemenangan Khofifah-Emil, KH Zahrul Azhar As’ad menjelaskan, peningkatan kualitas pendidikan pesantren menjadi bukti perhatian pasangan Khofifah-Emil terhadap dunia pendidikan di Jatim.

“Perlu diketahui, madin adalah konsep pertama kali di Indonesia yang memberikan previlege kepada warga pesantren yang pada saat itu belum tertampung mendapatkan pendidikan formal,” jelas pria yang akrab disapa Gus Hans tersebut, Rabu (7/2).

Gus Hans melanjutkan, pemilihan mantan Kakanwil Depag Jatim M. Roziki sebagai salah satu ketua tim pemenangan juga bentuk keseriusan pasangan Khofifah-Emil. “Ide dasar dari konsep itu semuanya tidak akan lepas dari peran Pak Roziqi. Ide itu disampaikan saat beliau menjabat Kakanwil Depag Jatim,” lanjutnya.

Untuk itu, tidak ada alasan bagi siapa pun untuk meragukan kapasitas Khofifah-Emil. “Jika Mbak Khofifah diberi amanah Allah untuk mendapatkan ini semua, fasilitas yang akan diberikan kepada para warga Nahdliyin atau pesantren akan lebih ditingkatkan,” imbuh Gus Gans.

Saat berada di Kali Dawir, Tulungagung, Selasa (7/2) lalu, Khofifah menegaskan bahwa dirinya bersama Emil akan merancang beasiswa S2 bagi para guru Madrasah Diniyah. Sekarang, guru Madrasah Diniyah yang berstatus S1 sudah 10 ribu orang.

“Saya minta ke Pakde Karwo (Gubernur Jatim Soekarwo, red). Saya akan bikin rengrengan, sudah harus disiapkan beasiswa S2 bagi guru diniyah,” ucap Khofifah.

Bentuk lain dari kepedulian terhadap diniyah dan ketawadukan kepada kiai, Khofifah-Emil juga memasukkan pendidikan vokasi untuk madrasah dan pesantren ke dalam program prioritas. Ini sekaligus hal baru karena selama ini pendidikan vokasi biasanya untuk SMK atau perguruan tinggi.

“Tiga hari lalu Pakde Karwo juga pesan, sekarang ini di madrasah maupun pesantren rupanya mulai banyak yang ingin disiapkan pendidikan vokasi. Pelatihan keterampilan, ada yang ingin satu hari, dua hari, dan ini belum dilaksanakan,” ujar mantan Menteri Sosial tersebut.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Khofifah-Emil Akan Kedepankan Pendidikan Berbasis Pesantren