alexametrics

Blusukan, Sihar Kaget Ada Pasar di Basement

7 Februari 2018, 13:21:46 WIB

JawaPos.com – Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus kaget saat tiba di Pasar Tradisional Petisah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Rabu (7/2). Dia mendapati ada stan pedagang di lantai dasar pasar.

Biasanya, basement atau lantai dasar dijadikan tempat parkir kendaraan. Namun di Pasar Petisah, basement malah dijadikan tempat berjualan bahan pokok. Pasar Petisah adalah satu pasar besar yang menjadi pusat ekonomi di Kota Medan.

“Terus terang saya kaget melihat pasar petisah ini. Karena kami turun ke basement. Karena biasanya, kami naik mobil turun ke basement itu tempat parkir. Eh, tahu-tahu di dalam ada pasar. Satu sisi, polusi. Sementara di sini makanan kami sehari-hari,” kata Sihar di sela blusukan.

Sihar pun memberikan komentar cukup pedas melihar kondisi Pasar Petisah. Dia mempertanyakan kenapa bisa stan pedagang berada di parkiran. “Jadi sesuatu yang kami pertanyakan juga. Apakah ini sehat? Apakah ini layak? Terus tadi di dalam kan panas. Itu kan mempengaruhi juga kesehatan pedagang,” ungkapnya.

Menurut Sihar, kondisi Pasar Petisah begitu mempengaruhi perekonomian pedagang. Karena konsumen akan berpikir dua kali untuk lama-lama berbelanja di sana. Kondisi pasar yang cukup gerah membuat konsumen enggan berkeliling untuk memilih barang.

Selama blusukan, pendamping Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Sumut Djarot Saiful Hidayat itu mendengarkan keluhan para pedagang. Semua masalah yang diceritakan pedagang akan dijadikan proyeksi Sihar jika terpilih nanti.

“Kami melihat Petisah ini jadi sample. Kami akan melihat pasar-pasar lain. Kami akan inventarisir permasalahan yang ada. Tentunya kami ingin pasar yang bersih. Kami ingin pasar yang nyaman buat pedagangnya, buat pemakainya,” pungkas Sihar.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Blusukan, Sihar Kaget Ada Pasar di Basement