JawaPos Radar

DPT Disempurnakan, KPU Gandeng Bawaslu dan Parpol

06/09/2018, 12:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
DPT Disempurnakan, KPU Gandeng Bawaslu dan Parpol
Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Nasional Pemilu 2019, Rabu (5/9). (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2019. Akan tetapi DPT tersebut belum final. KPU masih akan melakukan penyempurnaan paling lambat 10 hari.

Diketahui, penyempurnaan DPT itu berdasarkan usulan dari partai pendukung Prabowo-Sandi dan Bawaslu yang menyebutkan masih adanya 25 juta pemilih ganda. Ketua KPU Arief Budiman menyebutkan penyempurnaan akan dilakukan oleh tiga pihak.

"Tiga pihak, tergantung siapa yang memberi masukan. Kalau yang memberi masukan Bawaslu, kami akan lakukan, KPU sama Bawaslu. Kalau yang memberikan masukan peserta pemilu, kami akan lakukan bersama peserta pemilu dan Bawaslu untuk mengawasi di situ," kata Arief di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/9).

Menurut Arief, alokasi penggungaan waktu 10 hari masa penyempurnaan DPT akan digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari pencermatan, penelitian terkait temuan-temuan sampai akhirnya disimpulkan oleh KPU pusat dan kabupaten/kota.

"Karena yang melakukan pemutakhiran kan KPU kabupaten/kota. Nah setelah itu kami buatkan berita acara lagi untuk penetapan kalau memang diperlukan perbaikan," ungkap Arief.

Dia menambahkan, seluruh bagian yang dinilai bermasalah akan dilakukan pemeriksaan. Hal itu pun sesuai dengan keluhan para pelapor.

"NIK-nya bagaimana, ganda nggak. Namanya sama nggak. Alamatnya, tanggal lahir, jenis kelamin, semua kami periksa," pungkasnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up