JawaPos Radar

Pilpres 2019

#2019GantiPresiden Ditolak Dimana-mana, Ma'ruf Amin Angkat Suara

06/09/2018, 09:58 WIB | Editor: Estu Suryowati
#2019GantiPresiden Ditolak Dimana-mana, Ma'ruf Amin Angkat Suara
Gerakan #2019GantiPresiden mendapatkan penolakan di sejumlah daerah. (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Polemik gerakan #2019GantiPresiden tak kunjung mereda. Perdebatan sengit antara pihak yang mendukung dan menolak aksi gerakan tersebut terus berlanjut.

Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Ma'ruf Amin pun angkat suara mengenai hal ini. Menurut Ma'ruf, daripada adu aksi gerakan tagar lebih baik adu program.

"Sebaiknya kita mengajukan program kita masing-masing saja," kata Ma'ruf dikantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/9).

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu berharap bakal capres-cawapres dan pendukungnya menghindari isu yang dapat menimbulkan konflik atau perpecahan masyarakat. Hal ini ditujukan untuk menjaga marwah demokrasi.

"Kita jangan terjebak pada isu yang bisa menimbulkan konflik lah. Kita saling memajukan program saja supaya tak jadi konflik atau perang," tegas Ma'ruf.

Sebagaimana diketahui, sejumlah deklarasi #2019GantiPresiden belakang banyak mendapat kritik dari sejumlah pihak. Bahkan para pelaku aksi ini adapula yang mendapat penolakan datang ke suatu daerah.

Seperti yang menimpa Neno Warisman. Ia ditolak oleh sekelompok massa saat akan mendeklarasikan #2019GantiPresiden di Pekanbaru, Riau.

Adapula musisi kondang tanah air, Ahmad Dhani yang mengalami penolakan. Kala itu ia akan menghadiri acara #2019GantiPresiden di tanah kelahirannya, Surabaya, Jawa Timur. Ia juga mengalami penolakan.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up