JawaPos Radar

Rekapitulasi Suara Digelar Besok, 4 Kotak Suara Belum Tiba di KPU

06/07/2018, 19:42 WIB | Editor: Budi Warsito
Rekapitulasi Suara Digelar Besok, 4 Kotak Suara Belum Tiba di KPU
Komisioner Divisi Teknis KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Rekapitulasi Suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2018 akan dilaksanakan esok hari, Minggu (8/7). Sebelumnya, rekapitulasi itu, dijadwalkan akan dilakukan pada 7-9 Juli 2018 di KPU Jabar.

Komisioner Divisi Teknis KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq mengungkapkan, seharusnya rekapitulasi dilakukan pada 7-9 Juli. Namun, tanggal 7 Juli digunakan untuk rapat persiapan agar administrasi rekap suara rapi dan fokus. Kemudian, pada tanggal 8, teknis rekapitulasi dan mudah-mudahan selesai sesuai jadwal.

Hingga saat ini, kata Endun dari 27 Kabupaten/Kota di Jabar sudah melaksanakan pleno untuk Pilgub. Namun, masih ada tersisa empat kotak suara yang belum sampai di KPU Jabar.

"Sudah melaksanakan pleno, hanya untuk kotak suara tinggal empat Kabupaten/Kota yang belum tiba (di KPU)," kata Endun di KPU Jabar, Jumat (6/7).

Ada pun empat Kabupaten/Kota tersebut yakni, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Bekasi dan Kota Bogor. Namun, pihak KPU memastikan, malam ini kotak suara sudah lengkap. "Insya Allah, semuanya akan tiba di Provinsi malam ini," ujarnya.

Menurut Endun, rapat ini juga sebagai filter atau seleksi peserta rekapitulasi suara. Sehingga, hanya orang-orang berkompeten yang bisa masuk ruangan rapat. Misalnya, pihak KPUD Kabupaten/Kota, Bawaslu dan saksi. Khusus Bawaslu, akan menyertakan Panwaslu Kabupaten/Kota agar proses rekapitulasi bisa tuntas.

Sementara itu, Kabag Hukum Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar, Teppy Darmawan menjelaskan, undangan berjumlah 488. Namun yang diperbolehkan masuk ke ruang rapat hanya 176.

"Sisanya di luar, karena kami menyediakan layar televisi," sebutnya.

Rekapitulasi suara Pilgub Jabar 2018 yang berlangsung Minggu (8/7), diperkirakan tuntas pukul 18.00 atau sebelum Magrib. Jika dimulai sebelum pukul 09.00 WIB. Perkiraan itu, sudah termasuk paparan rekap hasil suara setiap KPUD Kabupaten/Kota selama 3 menit. Selain itu juga, tidak terjadi tanya jawab atau keberatan saksi yang berkepanjangan.

(ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu Berduka 06/07/2018, 19:42 WIB
Kang Emil: Kalau Terlena Kita Kalah 06/07/2018, 19:42 WIB
Demokrat Usung Dede Yusuf?  06/07/2018, 19:42 WIB
Nasdem Siap Menangkan Ridwan Kamil  06/07/2018, 19:42 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up