alexametrics

Pencinta Gus Dur Merapat, Emil Menyambut Dengan Baik

6 Juni 2018, 23:10:29 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut satu, Emil Elestianto Dardak menyambut baik atas dukungan yang diberikan oleh Barisan Kader (Barikade) Gus Dur. Apalagi, dukungan tersebut telah mendapat restu dari Yeni Sahid selaku putri dari almarhum KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Ini dukungan moril yang luar biasa, yang ingin memperjuangkan nilai-nilai Gus Dur, setia kepada Gus Dur sepanjang beliau hidup dan setelah wafat. Tentu bagi kami, menjadi sesuatu pengingat juga bahwa kita, Ibu Khofifah jika ditakdirkan memimpin Jawa Timur perlu meneruskan 9 nilai-nilai dari Gus Dur,” kata Emil usai menerima dukungan dari pecinta Gus Dur di Surabaya, Rabu, (6/6).

Emil menegaskan, drinya bersama Khofifah berkomitmen untuk mengawal cita-cita dan sikap Gus Dur dalam mewujudkan tatanan kehidupan politik yang ideal sesuai dengan 9 Nilai Utama Gus Dur; Ketauhidan, Kemanusiaan, Keadilan, Kesetaraan, Pembebasan, Kesederhanaan, Persaudaraan, Keksatriaan dan Kearifaan lokal.

Pencinta Gus Dur Merapat, Emil Menyambut Dengan Baik
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut satu, Emil Elestianto Dardak bertemu dengan Barisan Kader (Barikade) Gus Dur. (Moh Mukit/JawaPos.com)

“Intinya, menjadikan Jawa Timur sebagai benteng untuk memperjuangkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin. Kita ingin membangun ummat tapi kita juga ingin membangun bangsa dan dua ini harus selaras dengan cara yang adem dan sejuk. Dan dengan sisa waktu yang ada ini semakin memantapkan langkah kita semua,” imbuhnya.

Bupati Trenggalek non aktif ini pun mengakui, ada banyak hal yang patut diteladani dari cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy’ari itu semasa hidupnya. Menurutnya, Gus Dur selalu melihat segala hal yang ada dari perspektif kemanusiaan.

“Banyak sekali yang patut diteladani dari beliau (Gus Dur) tentunya, beliau selalu melihat segala sesuatuny dari perspektif kemanusiaan. Artinya, kita ini diciptakan di muka bumi ini untuk menciptakan kedamaian di muka bumi ini. Dan beliau telah mengamalkan sebagai pemimpin bangsa, sebagi pemimpin umat dan Alhamdulillah tentunya ini menjadi nilai-nilai yang harus dilestarikan dengan baik,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Barikade Gus Dur Jatim, Ahmad Arizal menegaskan, setelah deklarasi ini dilakukan, seluruh kader Barikade Gus Dur akan mengambil langkah-langkah. Salah satunya dengan menemui para tokoh dan Kiai pecinta Gus Dur yang dulu dikhianati oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

Arizal menyebut, Muhaimin sebagai orang yang telah mengkhianati Gus Dur. Sehingga, banyak tokoh lain yang bersama Gus Dur juga ikut terkhianati. “Tentunya kami tidak hanya deklarasi saja. Kami akan silaturahim kepada tokoh-tokoh pecinta Gus Dur yang pernah disakiti oleh PKB dan Muhaimin. Kita akan menemui juga kepada ulama yaitu kiai-kiai kampung yang dulu didirikan oleh Gus Dur,” tegasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Pencinta Gus Dur Merapat, Emil Menyambut Dengan Baik