alexametrics

Ridwan Kamil Berniat Kembangkan Wisata Religi di Cirebon

6 Maret 2018, 20:48:31 WIB

JawaPos.com – Calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berziarah ke makam Sunan Gunung Jati di Kabupaten Cirebon, Selasa (6/3).

Dalam kunjungannya tersebut, Ridwan Kamil menegaskan program unggulan pertamanya untuk membenahi Jawa Barat apabila terpilih menjadi Gubernur yakni dengan memprioritaskan sektor pariwisata di Jawa Barat, khususnya pariwisata di daerah yang menurut pandangannya belum digarap secara maksimal, meskipun potensinya besar.

“Cirebon ini sangat unik. Banyak hal yang bisa dikembangkan di Cirebon, khususnya di bidang kebudayaan dan sejarah perlu dikembangkan lagi,” ujar dia.

Menurut pria yang akrab disapa dengan Kang Emil ini, Cirebon mempunyai pariwisata unik terkait wisata religi, salah satunya di kompleks Gunung Jati. Pasalnya perkembangan wisata masih mengandalkan sumbangan dari para peziarah yang berkunjung.

Hebatnya, dari penuturan pengelola situs sejarah di komplek pemakaman Sunan Gunung Jati, pemasukan sumbangan dari para peziarah cukup besar, mencapai Rp 1 miliar per tahun. Uang yang terkumpul dari sumbangan itu dipakai untuk mengelola komplek sejarah dan operasional.

“Belum dikelola dengan baik saja. Program unggulan saya yang pertama adalah soal wisata. Mudah-mudahan bisa membangun perekonomian warga melalui wisata religi,” terangnya.

Menurutnya jika wisata religi Sunan Gunung Jati bisa dikelola dengan baik, tentunya akan memperoleh pendapatan yang lebih besar. Dengan program unggulan wisatanya itu, Emil yakin akan mendongkrak kepariwisataan di wilayah Jawa Barat, khususnya Cirebon yang dikenal dengan kebudayaan dan kulinernya.

“Kulinernya enak dari sisi wisata religinya juga bagus. Saya pun didoakan oleh masyarakat sini agar terpilih jadi  gubernur,” ujar Emil.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (wiw/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ridwan Kamil Berniat Kembangkan Wisata Religi di Cirebon