alexametrics

Ini Latar Belakang Jumhur Ulama Nahdliyin Dukung Gus Ipul-Puti

6 Februari 2018, 20:59:46 WIB

JawaPos.com – Bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jatim Saifullah Yusuf -Puti Guntur Soekarno semakin menasbihkan diri bahwa mereka didukung para kiai sepuh dan mayoritas ulama Nahdlatul Ulama (NU).

Hal tersebut tersirat pada Silaturahim Masyayikh dan Pengasuh Pesantren se-Jawa Timur di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Selasa (6/2)

Puti Guntur Soekarno
Puti Guntur Soekarno saat berada di Ponpes Lirboyo, Kediri, Selasa (6/2) (Tim Media Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno)

“Kami semua datang ke sini untuk memenangkan Gus Ipul. Semaksimal mungkin, kami akan memenangkan Gus Ipul,” ucap pengasuh ponpes Lirboyo KH Anwar Manshur saat membuka acara.

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar! Ya Allah, menangkan Gus Ipul, menangkan Gus Ipul, menangkan Gus Ipul!” ucap lantang kiai yang akrab disapa Mbah War itu. Pekikan takbir itu lantas diikuti oleh para santri yang berada di sana.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Jatim Halim Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, dan mantan gubernur Jatim Imam Utomo. Semuanya kompak menyampaikan dukungannya untuk Gus Ipul-Puti.

Sementar itu, pengasuh ponpes Al Amin, Kediri, KH Anwar Iskandar menjelaskan asal usul munculnya dukungan para kiai sepuh kepada Gus Ipul. Dia menuturkan, sebelum keputusan untuk mendukung Gus Ipul diketok, para ulama sudah menggelar musyawarah. Beberapa kali rapat digelar demi memutuskan calon terbaik untuk didukung dalam pilgub Jatim.

“Dan akhirnya, kami sepakat bulat. Tidak ada yang lonjong. Bulat sepakat. Kiai Jatim tidak ada kata lain selain memilih Gus Ipul untuk kita berangkatkan,” tegas Anwar.

Paska kesepakatan itu, langkah selanjutnya adalah memilih kendaraan politik. Pertama kali yang dilakukan adalah menghubungi PKB. PKB dinilai memiliki kursi yang lebih dari cukup untuk mengajukan calon sendiri. 

Masalahnya, mereka sejak awal sudah menyosialisasikan Ketua DPRD Jatim Halim Iskandar sebagai bakal calon. “Tapi karena kebesaran hati Pak Halim, yang tua mengalah pada yang muda. Pak Halim ikhlas Gus Ipul maju,” tambahnya. 

Oleh sebab itu, pencalonan Gus Ipul sebagai bakal calon gubernur bukan atas inisiatifnya sendiri. Melainkan kehendak para ulama. “Justru Gus Ipul yang diperintah jumhur (mayoritas) kiai untuk maju,” katanya. 

Lewat proses politik yang panjang, utusan para kiai akhirnya berhasil membuat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyetujui keputusan tersebut. “Alhamdulillah, Cak Imin menyetujui tanpa membantah,” tegas Anwar.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ini Latar Belakang Jumhur Ulama Nahdliyin Dukung Gus Ipul-Puti