alexametrics

Gus Din: Puti Titisan Bung Karno

6 Februari 2018, 09:28:25 WIB

JawaPos.com — Dukungan dari kalangan pondok pesantren untuk bakal calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno terus berdatangan. Kali ini dukungan datang dari pimpinan Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Mojo, Kediri, yakni KH Zainuddin Djazuli.

Gus Din, sapaan akrabnya, bahkan rela hadir dalam kunjungan Puti Soekarno ke Pondok Pesantren Subulus Salam di Desa Melis, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, yang berlangsung hingga Selasa dini hari (6/2). Menurut dia, Puti sedikit banyak mewarisi kepiawaian Soekarno dalam berpidato.

Lek pidato mboten enten seng ngelawan (Kalau pidato tidak ada yang melawan, Red). Menggebu, sama seperti Bung Karno,” katanya.

Gus Din: Puti Titisan Bung Karno
KH Zainuddin Djazuli dan Puti Guntur Soekarno (Tim Media Gus Ipul-Puti for jawapos.com)

Dia mengakui beberapa kali berinteraksi dengan Puti setelah cucu Bung Karno itu mendapat restu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputi untuk maju mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul). “Saya cukup kagum. Pribadi beliau kok penak men,” katanya.

Gus Din tak ragu mengharapkan Puti untuk memenangi pilgub bersama Gus Ipul. “Mudah-mudahan Mbak Puti menang. Menang Insya Allah. Saya nggak ragu. Bagaimanapun reaksi orang luar, saya nggak peduli,” katanya.

Kehadiran KH Zainuddin Djazuli tersebut ke Pondok Pesantren Subulus Salam sejatinya juga untuk lebih memperkenalkan masyarakat kepada figur Puti. “Ini belum kampanye. masih perkenalan. Biar masyarakat tahu siapa Mbak Puti. Termasuk istri saya,” lanjutnya.

Puti sendiri mengingat pertemuannya dengan Gus Din pertama kali. Waktu itu Puti ke Jatim untuk kali pertama setelah ditetapkan sebagai calon wakil gubernur mendampingi Gus Ipul. Gus Ipul lalu mengajaknya ke kantor DPW PKB Jatim. “Saat itu saya disambut dengan hangat oleh para kyai dan ibu nyai. Sambutan dari Nahdlatul Ulama begitu luar biasa,” tutur Puti

“Ufuk timur memanggil saya untuk kembali berkiprah. Mengabdirikan diri saya lebih luas lagi di tanah kelahiran kakek saya Bung Karno. Tapi, tangan kecil saya ini tak akan mampu berbuat apa-apa tanpa dukungan para kyai. Para alim ulama,” tambah alumnus Universitas Indonesia tersebut.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (did/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Gus Din: Puti Titisan Bung Karno