JawaPos Radar

Pilpres 2019

Prabowo-Sandi Unggul di Twitter dan Instagram, Jokowi-Ma'ruf di FB

05/09/2018, 17:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Prabowo-Sandi Unggul di Twitter dan Instagram, Jokowi-Ma'ruf di FB
Pasangan Jokowi-Ma'ruf lebih unggul di pemilih pengguna medsos Facebook, berdasarkan survei LSI Denny JA. (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hasil riset terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan kemenangan bagi pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dalam pertarungan Pilpres di media sosial (medsos). Raihannya 48,3 persen berbanding 39,5 persen milik pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Jika dibedah secara mendetail, dari tiga platform medsos yang dihadirkan oleh LSI, pasangan Jokowi-Ma'ruf hanya unggul di Facebook. Sementara itu Prabowo-Sandi menang di Twitter dan Instagram.

Peneliti LSI Ardian Sopa mengatakan, pemilih pengguna medsos mencapai 28,5 persen. Sedangkan pemilih bukan pengguna medsos sebesar 71,5 persen.

Prabowo-Sandi Unggul di Twitter dan Instagram, Jokowi-Ma'ruf di FB
Sementara pasangan Prabowo-Sandi lebih menguasai suara dari pengguna Twitter dan Instagram. (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

Dari 28,5 persen itu, sebanyak 28 persennya adalah pengguna Facebook, 16,1 persen pengguna Instagram, dan 6,4 persen pengguna Twitter. Mayoritas pemilih pengguna Facebook mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Dari total 28 persen (responden) pengguna Facebook, 41,6 persennya memilih Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan 39,4 persennya (memilih) Prabowo-Sandi. Sedang, sebanyak 19,0 persen masih merahasiakan pilihannya atau belum memutuskan atau tidak menjawab," ujar Ardian di kantor LSI Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (5/9).

Sementara itu di platform Instagram penggunanya hanya 16,1 persen dari pemilih pengguna medsos. Di platform ini, Prabowo-Sandi unggul tipis dari Jokowi-Ma'ruf.

"Di Instagram Prabowo-Sandi unggul 42,0 persen, Jokowi-Ma'ruf hanya 40,9 persen. Yang masih merahasiakan pilihannya atau belum memutuskan atau tidak menjawab 17,1 persen," imbuh Ardian.

Sementara itu di Twitter, Prabowo-Sandi kembali unggul. Kali ini mereka meraih 40 persen suara. Jokowi-Ma'ruf hanya 34,3 persen.

"Dari 6,4 persen pengguna Twitter, Prabowo-Sandi unggul 40,0 persen, berbanding 34,3 persen raihan Jokowi-Ma'ruf. 25,7 persen lainnya masih merahasiakan pilihannya atau belum memutuskan atau tidak menjawab," pungkas Ardian.

Survei ini sendiri dilakukan pada rentang waktu 12-19 Agustus 2018. Metode yang digunakan multistage random sampling, dengan wawancara tatap muka menggunakan kuisioner. Responden yang dilibatkan 1.200 orang, dengan margin of error 2,9 persen.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up