alexametrics

Tim Khofifah-Emil Lakukan Penghitungan Manual

5 Juli 2018, 14:20:58 WIB

JawaPos.com – Tim Pemenangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianyo melakukan penghitungan mandiri. Saat ini data yang sudah masuk mencapai 97 persen.

Penghitungan secara manual dilakukan sebagai bentuk second data. Mengingat situs Sistem Informasi Penghitungan (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di laman infopemilu.kpu.go.if belum bisa diakses.

“Prinsipnya kami siap saling berbagi data dengan KPU untuk mendapatkan yang lebih akurat. Seperti kami ketahui, sekarang situs resmi KPU ada yang ngehack dan sampai sekarang belum pulih. Oleh karena itu, pengawalan suara dari pihak pasangan calon menjadi penting dan sangat dibutuhkan untuk second data,” kata Ketua Timses Khofifah-Emil, M. Roziqi kepada JawaPos.com, Kamis (5/7).

Dara data yang didapat tim internal, Khofifah-Emil masih unggul sebesar 53.98 persen. Sementara pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno hanya 46.02 persen. Perolehan ini sangat mirip dengan hasil dari berbagai lembaga survei yang melakukan hitung cepat setelah pencoblosan pada 27 Juni lalu.

“Dari selisih sekitar 7-8 persen ini memang sudah tidak mungkin untuk di main-mainkan. Karena sesuai aturan hanya selisih di bawah 0,5 persen saja yang bisa diperkarakan di MK. Karena jumlah pemilih lebih dri 12 juta,” ungkap Roziqi.

Kendati demikian, Roziqi memastikan bahwa pihaknya masih terus menunggu hasil rekapitulasi akhir dari KPU pada 9 Juli mendatang. Diharapkan, rekapitulasi yang dilakukan KPU Jatim tidak jauh berbeda dengan hasil yang dilakukan tim internal maupun lembaga hitung cepat.

“Sebagai upaya menghargai upaya konstitusional, maka tim tetap menghormati pengumuman KPU yang dipastikan tidak akan jauh berbeda dari hasil hitungan internal,” pungkasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mkd/JPC)



Close Ads
Tim Khofifah-Emil Lakukan Penghitungan Manual